PALAS - Wakil Rektor Istitut Pertanian Bogor Prof. DR. Ir. Yonny Koesmaryono didampingi Kadis Pendidikan Sumut, H. Arsyad Lubis dan Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap meresmikan Program Studi Diluar Kampus Utama (PSDKU) IPB di Kabupaten Palas, Kamis (19/10/2017) di lokasi Kampus Yayasan Ali Pada Harahap Jalan Ikvos, Kelurahan Pasar Sibuhuan. Peresmian ini ditandai dengan penyematan jaket IPB kepada perwakilan mahasiswa dan pembukaan selubung papan merek PSDKU IPB Palas serta pemberian kuliah umum oleh Wakil Rektor I IPB kepada 96 mahasiswa-mahasiswi angkatan pertama program Diploma.

Kadis Pendidikan Sumut, H. Arsyad Lubis mewakili Gubsu memberikan apresiasi atas dibukanya PSDKU IPB di Kabupaten Palas. Ini merupakan terobosan indeks pembangunan manusia dalam bidang pengembangan SDM.

Disebutkannya, setiap tahunnnya siswa tamatan SMK dan SMA dari daerah Paluta dan Palas mencapai 4.000 orang. Dengan adanya fasilitas perguruan tinggi di daerah ini akan lebih menggairah putra-putri untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang program D-III, sesuai karakteristik dan ciri khas daerah dalam bidang pertanian, peternakan dan perkebunan.

"Kami berharap sarana perguruan tinggi PSDKU IPB Palas dapat dikelola secara profesional dalam memahami karakteristik daerah Palas yang kaya sumber daya alam, sehingga dapat menciptakan SDM berkualitas yang dapat menggelola pengembangan kemajuan pertanian, peternakan dan perkebunan sesuai dengan topografi daerah ini," ujar Arsyad.

Di tempat yang sama, Bupati Palas H. Ali Sutan Harahap mengatakan, program diploma IPB di Kabupaten Palas dalam bidang pendidikan khususnya sektor perikanan, peternakan dan perkebunan sesuai potensi daerah.

"Dengan dibukanya program PSDKU IPB di Palas, maka potensi perkebunan, perikanan dan peternakan akan dapat dikelola dengan hasil optimal, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyrakat," sebut TSO.

Untuk mendukung harapan tersebut, ujar Bupati, Pemkab Palas telah menyediakan lahan seluas 150 hektar untuk pembagunan gedung kampus utama sesuai jurusan yang ada. Dan telah mengalokasikan pengembangan jurusan peternakan sehingga diharapkan, dengan ketersedian lahan seluas 150 Hektar nantinya mampu mendorong tercapainya Palas sebagai lumbung ternak di Sumatera Utara," urainya.

Bupati juga berpesan, mahasiswa-mahasiswi PSDKU IPB agar mengikuti perkuliahaan sebaik-baiknya, dan bisa mengaplikasikan ilmu terhadap masyarakat serta mengembangkan prekonomian khususnya di sektor perkebunan, perikanan dan peternakan sesuai visi misi pemerintah yakni mewujudkan Palas yang beriman, sehat, cerdas, sejahtera dan berbudaya dalam sistem pemerintah yang bersih, akuntabel, transparan dan berkeadilan bertumpu ekonomi kerakyatan.

Sebelumnya Ketua Panitia, Arpan Nasution yang juga Sekda Palas mengatakan, dibukanya progran PSDKU kiranya dapat menghasilkan tenaga ahli madya yang memiliki ketersediaan dan keahlian sesuai dengan bidangnya sehingga mampu bersaing di dunia kerja.

"Disamping itu, mahasiswa program diploma tangguh dalam berwiraswasta di berbagai sektor dunia usaha yang dikembangkan di tengah masyarakat," harapnya kepada mahasiswa amgkatan pertama program diploma PSDKU IPB.