SIMALUNGUN - Pihak Kementerian Perhubungan berencana menambah dermaga di Danau Toba. Rencana ini disampaikan langsung oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Danau Toba.

Menurutnya pembangunan dermaga baru tersebut akan menunjang kegiatan pariwisata di Danau Toba yang sudah ditetapkan menjadi salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.

"Danau toba satu danau yg indah. Olehkarenanya satu keniscayaan kita harus membangun fasilitasnya. Dalam 2 tahun ini kemenhub akan membangun 5 dermaga, 2 dermaga di pulau Samosir, dan 3 dermaga di pinggiran,"katanya usai mengitari Pulau Sibandang di Tapanuli Utara.

Budi menjelaskan, dermaga ini akan mendukung operasional kapal penyeberangan yang saat ini menjadi salah satu transportasi penting di Danau Toba. Jumlah kapal ini sendiri menurutnya juga akan ditambah sehigga pergerakan pengunjung akan semakin mudah.

"Tahun ini kita membangun satu kapal dengan kapasitas kira-kira untuk 200-300 orang dan bisa untuk kapal roro. Kita akan bangun 2, selain itu ASDP juga akan membangun 1.  Jadi nanti akan ada 5 kapal roro yg akan disekitar danau toba sehingga konektivitas antar pelabuhan semakin bagus. Sekarang ini kan masing-masing dari satu tempat ke tempat lain memakan waktu 1 jam. Nanti dengan adanya kapal tersebut, bisa hanya 15-30 menit. Ini akan semakin efektif untuk para wisatawan," jelasnya.