BINJAI - Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Berkarya Kota Binjai menyerahkan berkas agar terdaftar sebagai partai politik peserta pemilu ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Binjai.

Berkas diantarkan langsung oleh Ketua DPC Partai Berkarya Polmen Sihotang dan Sekretaris Setiawan Sitepu.

Berkas yang berisi foto copy Kartu Tanda Anggota dan Kartu Tanda Penduduk dan formulir F2 itu diterima oleh tim piket KPU yakni Anugrah P Telambanua, Zhuhriani Safina, Abdul Rahman, Fernando SM Pinem dan Rizki Swanda sebagai anggota Panwas Kota Binjai.

Polmen Sihotang mengatakan, Partai Berkarya merupakan partai baru dengan semangat baru dan diharap membawa suasana politik yang baru bagi kota Binjai.

"Teguh dalam janji berguna bagi rakyat," katanya.

Dia mengatakan, Partai Berkarya adalah partai yang didirikan oleh Tommy Soeharto, putra mantan Presiden ke dua Republik Indonesia. Sedangkan untuk Ketua DPW Partai Berkarya Sumut, dipercayakan kepada Rajamin Sirait.

Komisioner KPU Bidang Hukum, Zulfan Effendy mengatakan setelah seluruh partai melakukan pendaftaran hingga waktu yang ditentukan, KPU akan melakukan penelitian administrasi dan verifikasi faktual.

"Pendataran ditutup tanggal 16 Oktober sedangkan verifikasi faktual mulai dilakukan pada tanggal 17 Otober," ujarnya.

Pada verifikasi faktual mereka akan melakukan pengecekan kantor, sebaran anggota, kepengurusan serta keterwakilan perempuan.

"Namun untuk partai lama, KPU hanya melakukan proses administrasi," katanya.

Empat partai baru di kota Binjai yakni Partai Persatuan Indonesia, Partai Solidaritas Indonesia, Berkarya dan Partai Islam Damai Aman.