MEDAN - Atas kritik Presiden Joko Widodo atau Jokowi terhadap Walikota Medan, Dzulmi Eldin yang tidak becus membenahi infrastruktur jalan di Kota Medan, masyarakat transportasi di Sumatera Utara sangat mengapresiasinya.

Dzulmi Eldin diminta harus menjadikan kritikan Jokowi tersebut sebagai cambuk kecil. Artinya, dia harus bergegas mengebut penyelesaian perbaikan-perbaikan jalan, drainase serta pengelolaan sampah di Kota Medan yang menjadi keprihatinan Jokowi.

Demikian disampaikan Ketua Keluarga Besar Supir/Pemilik Angkutan Kota (KESPER) Sumatera Utara, Israel Situmeang.

Tanpa perubahan sikap yang nyata, sangat mustahil Dzulmi Eldin akan menjadi seperti Walikota Surabaya, Tri Rismaharini.

Sebagaimana diketahui, Sabtu pagi (14/10/2017) sebelum bertolak meninjau lokasi pengungsian Gunung Sinabung di Kab. Karo, Jokowi sempat melakukan inspeksi mendadak ke jalan-jalan di Kota Medan. Dari situ kemudian Jokowi menemukan fakta begitu semrawutnya jalan raya di tengah kota Medan. Kumuh, becek, penuh lubang bertebaran, sampah dikelola secara serampangan.

Berita tentang inspeksi mendadak Jokowi kemudian viral melalui media online dan media sosial.

Kendati demikian, Dzulmi Eldin merasa seperti tidak ada sesuatu yang serius dengan inspeksi yang dilakukan Jokowi. Dalam wawancara dengan, dia mengaku ikut dalam inspeksi tersebut.

"Saya ikut sama Jokowi, dia tidak ngomong apa-apa," begitu kutipan jawabannya ketika ditanya apakah tidak merasa malu Jokowi melihat secara langsung kesemrawutan pembangunan di Kota Medan.

Kata Israel yang juga pegiat keadilan khususnya terkait kepentingan supir angkutan kota, Dzulmi Eldin jangan mengartikan Jokowi tidak marah walau dia hanya tersenyum atau tidak berkata apapun sesudah sidak. Dia harus merespon serius.

Terkait jalan-jalan di Kota Medan yang amburadul, Israel sudah pernah menyampaikan secara langsung kritikannya kepada Wakil Walikota Medan, Akhyar Nasution, saat mereka berdua tampil sebagai narasumber di acara talkshow di radio Lite FM dan iNews TV.

"Waktu itu pada Juni 2017. Akhyar cari pembenaran bahwa jalan yang rusak itu adalah jalan provinsi," ujar Israel.

Bagi masyarakat umum, khususnya pelaku usaha di sektor transportasi, tegas Israel, kondisi jalan raya yang prima merupakan kebutuhan pokok.

"Kami sangat mengapresiasi jeweran Jokowi kepada Walikota Medan," kata Israel.