TAPANULI SELATAN - Penetapan Desa Pargarutan Luat Harangan dan Desa Panaungan sebagai lokasi TNI Manunggang Membangun Desa (TMMD) Ke-100 TA 2017 Kodim 0212/TS, menjadi catatan tersendiri bagi ke dua Desa itu. Bukti kerja nyata bahwa 'TNI Manunggal bersama Rakyat' jelas terlihat dari kebersamaan personel Kodim 0212/TS dengan warga dari kedua desa tersebut dalam menjalankan tugas dan amanah yang telah diemban untuk pembangunan desa yang dituju.

Terbukti, sejarah yang kelak akan diingat warga dari dua desa adalah pembangunan jalan desa sepanjang 4.500 meter yang menghubungkan antara Desa Pargaritan Luat Harangan denga Desa Panaungan. Jalan yang semula hanya memiliki lebar 3 meter, berkat pelebaran yang di lakukan TMMD Ke-100, kini lebar jalan tersebut mencapai 6 meter, dan dipangkal kedua jalan desa sudah dilakukan cor rabat beton masing-masing sepanjang 100 meter.

Hingga Sabtu (14/10/2017), pengerjaan jalan saat ini sudah memasuki tahap 80% dan warga pun sangat bersyukur dengan pembangunan ini.

"Kami bersyukur dengan dijadikannya desa kami sebagai lokasi TMMD ke 100 ini. Semua pembangunan khususnya jalan di desa kami ini kelak akan selalu kami ingat. Ini bukti bahwa 'TNI bersama rakyat' takkan pernah terpisahkan dan kehadiran TNI di Desa kami ini akan selalu kami ingat juga akan jadi sejarah bagi anak cucu kami kelak," tutur Parlindungan bangga.

Sementara itu, Dansatgas TMMD Ke 100 TA 2017 Kodim 0212/TS Letkol Arm Azhari ke pada GoSumut menjelaskan, sampai hari ini, cor rabat beton di kedua desa yang masing-masing sepanjang 100 meter sudah mencapai 70%. Pengerjaan pelebaran sudah mencapai 80%, sedangkan rehab 4 masjid sudah mencapai 70%.

"Mudah-mudahan atas seijin Allah, sebelum waktu penutupan nanti (27/10/2017) semuanya sudah selesai," jelas Azhari.