Samosir-Layanan bus gratis rute Pangurusan (Samosir)-Bandara Silangit (Siborong-borong, Tapanuli Utara) yang difasulitasi Pemkab samsoir belum dimanfaatkan maksimal oleh masyarakat.

Bus yang berangkat 2 kali sehari yang diresmikan pada 1 Oktober 2017 oleh Bupati Samosir Rapidin Simbolon itu ternyata masih sepi penumpang. Bahkan, pada pemberangkatan trip kedua pukul 11.00 WIB, Jumat (13/10/2017), dari Pangururan, bus kosong penumpang.

"Trip I pukul 06.00 WIB, tadi berangkat membawa 4 orang penumpang. Sementara trip II pukul 11.00 WIB tidak ada penumpang," terang pramugari yang bertugas di loket, Tutur Sinurat dan Nora Veni Malau di loket pendaftaran di terminal Onan Baru Pangururan.

Mereka juga menjelaskan, untuk trip I dari Bandara Silangit-Samosir berangkat pukul 11.00 WIB, dan trip II pukul 16.00 WIB dengan lama perjalanan 2 jam 30 menit.

Ditanya soal kepastian besaran gaji mereka untuk 1 bulan, mereka juga belum tahu pasti.

"Kami juga belum tahu pasti berapa gaji untuk satu bulan, tapi menurut informasi, akan lebih besar dari gaji honor," ucap Tutur dan Veni.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Samosir Nurdin Siahaan telah menyampaikan, besaran gaji pramugari yang direkrut setara gaji honor, yakni Rp. 850.000.

Sementara Bupati Samosir Rapidin Simbolon pada acara launching, Minggu (1/10/2017) di terminal Onan baru Pangururan menyebutkan, gaji para pramugari akan lebih besar dari gaji honor.