KARO-Bagaimana kehidupan para pengungsi Gunung Sinabung saat ini? Untuk melihat nasib mereka, Sabtu (14/10/2017), pagi ini, Presiden RI Joko WIdodo (Jokowi) menyempatkan diri berkunjung ke rumah hunian tetap pengungsi Sinabung, yang berada di Siosar, Kabupaten Karo tersebut.

Seperti diketahui, Pemkab Karo telah memutuskan merelokasi tahap III pengungsi korban erupsi Gunung Sinabung warga dari Desa Mardinding, Desa Sukanalu, Desa Sigarang-Garang dan Dusun Lau Kawar berjumlah 1.101 KK rencananya ditempatkan di kawasan Desa Siosar, Kecamatan Merek.

Jokowi pun tercatat, sudah dua kali mengunjungi para pengungsi Sinabung tersebut. Untuk kunjungan kali ini, pasukan gabungan TNI-Polri  telah menyiagakan sebanyak 1.750 personel, pasukan gabungan TNI-Polri. Tak ketinggalan, penembak jitu dari unsur Brimob dan TNI,, sudah di sebar di beberapa titik.   

Panglima Kodam I/Bukit Barisan (BAB) Mayor Jenderal Cucu Soemantri mengatakan, penyiapan pasukan gabungan TNI-Polri ini, rutin dilalukan setiap kali ada tamu VVIP datang ke daerah di seluruh Indonesia.  

 "Pasukan ditempatkan di daerah-daerah yang dikunjungi. Banyaknya pasukan disesuaikan dengan lokasi yang dikunjungi," ujarnya.

Sesuai prosedur pengamanan,Cucu Sumantri mengutarakan, bahwa mereka akan menempatkan penembak jitu dari TNI dan Polisi. "Pengamanan ada kami siapkan Sniper dari Brimob dan TNI," ujarnya.

Kapolda Sumut Irjen Pol Paulus Waterpauw ikut melakukan pemeriksaan pasukan dan perlengkapan pengamanan Presiden Jokowi, seperti kendaraan lapis baja buatan Pindad, Tank Anoa.

Pagi ini, pria kelahiran Surakarta 21 Juni 1961 ini, akan bertolak dari tempat inap Hotel Adimulia, Medan ke Lanud Suwondo. Di Lanud, yang dulunya dinamai Bandara Polonia itu, sudah terlihat tiga Helikopter Super Puma. Ketiga Heli Puma, memang  telah dipersiapkan sejak jauh hari, dan hari ini mendapat penjagaan lebih khusus.

Dari Lanud Suwondo, Jokowi dan rombongan akan berangkat menggunakan satu dari Heli Puma itu ke Kabanjahe, Kabupaten Karo. 

Ini rangkaian jadwal lengkap kegiatan Jokowi selama di Sumut: 

Jumat, 13/10
* Sore - take off dr Palembang ke Kualanamu menggunakan BBJ2
* Sore - acara Peresmian Jalan Tol Medan - Binjai dan Medan - Kualanamu - Tebingtinggi
* Bermalam di Medan dan Mengunjungi Rumah Calon Besan. 

Sabtu, 14/10
* Pagi - take off dr Suwondo ke Sinabung menggunakan Heli
* Acara Peninjauan Rumah Hunian Tetap Pengungsi Sinabung
* Pagi - take off dr Sinabung ke Silangit dengan  Heli
* Acara peninjauan (peresmian Bandara International Silangit)
* Siang - take off dr Silangit ke Lubuk Pakam, Deli Serdang dg Heli
* Makan siang di Deli Serdang
* Penyerahan Sertifikat di Lubuk Pakam, Deli Serdang
* Malam - Acara INTERN
* Malam - take off dr Kualanamu ke Halim dg BBJ2