BINJAI-Sebanyak 15 Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) ‎se-Kota Binjai, dilantik oleh Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kota Binjai, Sainul Anwar di Aula Lantai 2 Balai Kota, Jalan Jenderal Sudirman Pelantikan tersebut berdasarkan surat keputusan nomor 002 sampai dengan 006/PANWASLIH-26/HK.01.01/10/2017.

Pelantikan Panwascam ini dilakukan dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumut tahun 2018 yang mengangkat tema "Awasi Pemilu, Bersama Bawaslu Tegakkan Keadilan Pemilu". 

Dalam fakta integritas yang ditandatangani oleh pelantikan itu, ‎diminta agar menjaga independen, tidak melakukan praktik korupsi, kolusi atau KKN hingga dalam pengambilan kebijakan sejatinya harus melalui mekanisme pleno se-Kota Binjai.

Dalam sambutannya, Sainul Anwar menyatakan, sejatinya pelantikan bukan hanya seremonial belaka. Sebab, 15 anggota Panwascam yang dilantik ini juga turut mengucapkan sumpah dan janjinya sendiri.

"Sehingga dengan sendirinya dapat mengemban tugas di wilayah kecamatan masing-masing. Tugas kali ini tidak ringan yang juga dituntut mengawasi Pileg dan Pilpres 2019," ujar dia.

Meski tugas yang diemban para Panwascam ini berat, dia tetap yakin dan percaya jika mereka sanggup melaksanakannya. 

"Saudara adalah putra-putri terbaik. Saya berharap seusai ini nanti, dapat membentuk kesekretariatan kecamatan masing-masing," ujarnya.

Dia juga meminta agar para Panwascam di masing-masing kecamatan dapat menjalin kordinasi yang erat dengan Polsek setempat. Tak lupa, dia juga menegaskan agar mereka yang dilantik dapat bekerja secara profesional hingga memiliki integritas tinggi.

"Bekerja secara tim, jauh lebih baik. Harapannya mereka dapat bertanggung jawab apa yang menjadi kewajiban Panwas," tukasnya.

Usai diambil sumpah dan jabatannya, para hadirin dan yang dilantik diminta berdiri untuk menyanyikan lagu Padamu Negeri. Mereka yang dilantik adalah, Panwascam Binjai Kota ‎yakni, Ahmad Amri Siregar, Muhammad Irsan dan Sandy Ferdianto. Panwascam Binjai Utara, Muhammad Gazali, Bela Bunda Hasibuan dan Muhammad Usman. 

Panwascam Binjai Selatan yaitu Burhan Sinulingga, Didi Suwandi dan Muhammad Nasution. Panwas Binjai Timur yaitu Tukman Siregar, Leo William Situmorang dan Ermawati. Terakhir Panwascam Binjai Barat yaitu Edy Syahputra, M Nasuhan, dan Samsuar.