PADANGSIDIMPUAN-Kota Padangsidimpuan akan melakukan Pilkades serentak di Empat Kecamatan yang ada pada 26 Oktober 2017 nanti. Dari Kecamatan tersebut sebanyak 42 Desa akan menggelar pesta pemilihan Kades.

Ketua Panitia Pemilihan Kepala Desa se-Kota Padangsidimpuan Iswan Nagabe Lubis mengatakan, dari Enam Kecamatan yang ada di Kota Padangsidimpuan, hanya Empat Kecamatan yang akan melakukan pemilihan Kepala Desa. Dari Empat Kecamatan itu, ada 42 Desa yang akan menggelarnya.

"Ada 42 Desa dari Empat Kecamatan yang ada yaitu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Angkola Julu, Batunadua dan Hutaimbaru," ungkap pria yang juga menjabat sebagai Asiten 1 Pemko Padangsidimpuan ini.

Adapun 42 Desa tersebut yaitu, untuk Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, Desa Huta Lombang, Huta Padang, Manegen, Tarutung Baru, Perkebunan Pijor Koling (PK), Salambue, Labuhan Rasoki, Manunggang Jae, Purbatua Pijor Koling (PK), Huta Limbong, Sigulang, Goti, Huta Koje, Manunggang Julu, Labuhan Labo dan Desa Palopat Pijor Koling (PK).

"Untuk Padangsidimpuan Tenggara ada 16 Desa dan akan diikuti 45 Calon Kepala Desa," urainya.

Selanjutnya, Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua, yaitu Desa Baruas, Batang Bahal, Pudun Julu, Aek Najaji, Purwodadi, Aek Tuhul, Siloting, Gunung Hasahatan, Aek Bayur, Simirik, Pudun Jae, Bargottopong dan Ujung Gurap.

"Untuk Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua ada 13 Desa dan diikuti 36 Calon Kepala Desa yang akan bertarung pada Pilkades 2017 ini," ucap manta Kepala Bappeda Kota Padangsidimpuan ini.

Berikutnya, untuk Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Julu, yaitu Desa Mompang, Rimba Soping, Joring Natobang, Joring Lombang, Simatohir, Simasom, Pintu Langit Jae, dan Desa Batu layan. "Di Kecamatan Padangsidimpuan Angkola Jula ada Delapan Desa yang akan menggelar Pilkades dan diikuti sebanyak 22 Calon Kades," sebutnya.

Selanjutnya, Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, yaitu Desa Huta Padang, Partihaman Saroha, Sabungan Sipabangun, Singali, dan Tinjoman Lama. "Dan di Kecamatan Padangsidimpuan Hutaimbaru, akan dilakukan di Lima Desa yang ada dan diikuti sebanyak 16 Calon Kades yang sudah mendaftar," terang Iswan.

Nantinya, para calon yang akan bertarung, lebih dulu harus berkomitmen dan dibuktikan dengan penandatanganan Pakta Integritas. Tujuannya, agar Pilkades yang digelar nanti bisa berjalan damai, jujur, adil dan demokratis.

"Untuk para calon siapkan diri dan mental, artinya harus siap untuk kalah, dan juga tentunya harus siap untuk menang pula," tutupnya.