TAPANULI SELATAN - Selain mengerjakan pembangunan fisik rehab masjid, pelebaran dan cor rabat jalan di Desa Panaungan dan Pargarutan Luat Harangan, Kodim 0212/TS juga mengadakan kegiatan non fisik berupa penyuluhan narkoba dan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) di balai Desa Pargarutan Luat Harangan. Dalam acara yang digelar dalam rangkaian TMMD ke-100, puluhan warga dari Desa Panaungan dan Desa Pargarutan Luat Harangan tampak antusias menghadiri kegiatan penyuluhan tersebut untuk mendengarkan paparan terkait bahaya narkoba dan hal-hal yang berpengaruh terhadap Kamtibmas.

Dansatgas TMMD Ke-100 TA 2017 Kodim 0212/TS Letkol Arm Azhari mengatakan, penyuluhan tentang bahaya dan dampak narkoba ini dilakukan karena sudah sangat meresahkan semua kalangan. Apalagi hal ini dapat mengganggu Kamtibmas.

Dalam penyuluhan pada Rabu (11/10/2017), Kasat Binmas Polres Tapsel AKP Sahrul dalam paparannya mengungkapkan, jauhnya kota dari Desa Panaungan Dan Pargarutan Luat Harangan, tidak menutup kemungkinan narkoba bisa merambah ke pelosok pelosok desa. "Sehingga (kita) perlu menjelaskan bagaimana dampak dan akibat narkoba yang saat ini sudah sangat meresahkan dan bahkan sudah menjadi musuh negara. Seperti beredarnya sabu-sabu dan pil ekstasi dalam ruang lingkup masyarakat, bahkan pil PCC yang sudah merambah anak usia sekolah yang baru beredar saat ini," jelasnya.

Mengenai Kamtibmas, Sahrul juga memaparkan apa saja hal-hal yang bisa berpengaruh terhadap Kamtibmas. Delain kejahatan-kejahatan yang dapat lansung bersentuhan dengan masyarakat seperti pencurian, perkelahian antar warga, kenakalan remaja. Apalagi, sambungnya, dengan semakin canggihnya tekhnologi saat ini dan media-media sosial yang mudah diakses melalui komputer, seperti, facebook dan youtube, masyarakat diminta bisa mencermati beredarnya berita-berita hoax, isu-isu yang menyesatkan, ajaran-ajaran kelompok separatis yang menyebar melalui media.

"Jangan sampai warga terutama remaja terpengaruh dan terjebak akan apa yang disaksikannya melalui media sosial, sehingga dapat mempengaruhi keamanan dan ketertiban masyarakat di satu daerah," tegasnya.

"Semoga masyarakat khususnya di Desa Panaungan dan Pargarutan Luat Harangan dapat menyerap apa yang kita sampaikan tadi. Sebab peran serta masyarakat dalam mengantisipasi peredaran narkoba dan Kamtibmas sangat berpengaruh demi keamanan, kenyamanan, ketentraman dan ketertiban di wilayahnya sendiri," ujar Sahrul.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Pargarutan Luat Harangan Parlindungan Siregar sangat menyambut baik akan penyuluhan yang dilakukan TNI ini. Apalagi Desa Panaungan dan Pargarutan Luat Harangan yang sebagian masyarakatnya mungkin masih minim pemahaman akan dampak narkoba dan hal-hal yang menyangkut Kamtibmas.

"Kami sebagai warga Desa Pargarutan Luat Harangan dan Panaungan berterima kasih akan pemaparan dan pemahaman dalam penyuluhan ini. Semoga warga dapat memahami dan melaksanakan apa yang telah mereka dengar hari ini," ujar Parlindungan.