TAPANULI SELATAN - Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) dan sekitarnya, pada Minggu (8/10/2017) malam hingga Senin (9/10/2017), menyebabkan sejumlah wilayah mengalami banjir dan longsor. Meski tak ada korban jiwa, namun bencana alam tersebut membuat tiga bangunan rusak tertimpa longsor di Kecamatan Angkola Barat, dan di Kecamatan Angkola Sangkunur, ratusan rumah terendam dan satu rumah hanyut disapu banjir.

Informasi yang diterima, longsor yang menghantam Kelurahan Sitinjak, Kecamatan Angkola Barat, Tapsel, mengakibatkan tiga bangunan rusak akibat tertimpa runtuhan material. Seperti warung milik Rita Erlina mengalami rusak berat. Material tanah yang berada di atas warung miliknya di pinggir Jalinsum Padangsidimpuan-Batangtoru ini, roboh akibat derasnya debit air hujan yang turun dan menimpa bangunannya.

"Di lokasi itu tidak ada korban jiwa, hanya kerugian materil akibat kerusakan. Dan akibat longsor juga sempat menghambat arus lalu lintas, namun sudah kita lakukan pembersihan dan evakuasi," ungkap Kanit Reskrim Polsek Batangtoru Ipda S Naibaho, Senin (9/10/2017).

Masih di wilayah yang sama, kata Kanit, longsor juga menghantam rumah yang dihuni Abdul Rahman Rambe, warga Lingkungan V Sitinjak. Akibat longsor tersebut, bagian belakang rumah korban rusak parah.

"Dan lokasi ketiga, masih di kecamatan yang sama, salah satu kantor Bumdes juga terkena longsor," ungkapnya.

Masyarakat bersama Polri dan TNI sudah melakukan pembersihan serta mengevakuasi barang-barang yang tertimbun.

"Dari lokasi tersebut, tidak ada korban jiwa hanya kerugian materil. Dan petugas Polri bersama masyarakat serta TNI sudah melakukan upaya pembersihan juga evakuasi," tukasnya.