DELISERDANG-Ruas jalan tol Kuala Namu-Sei Rampah dipastikan akan beroperasi dalam waktu dekat. Pengoperasian tersebut menurut Dirut PT Jasa Marga Tol Kuala Namu, Agus Suharjanto dikarenakan keseluruhan pembangunan ruas jalur tersebut sudah selesai dilakukan.


"Kemarin pihak kementerian juga sudah meminta segera dioperasikan," katanya.

Agus menjelaskan, ruas jalur Kuala Namu-Sei Rampah tersebut memiliki jarak 42 Km. Ruas ini sendiri menjadi bagian dari ruas tol Tanjung Morawa-Kualanamu-Sei Rampah-Tebing Tinggi yang saat ini belum seluruhnya selesai dikerjakan.

"Kalau total jarak ruas tol tersebut 61,7 Km. Cuma yang sudah siap untuk dioperasikan baru ruas Kuala Namu-Rampah. Sementara untuk ruas Tanjung Morawa-Kualanamu dan ruas Rampah-Tebing Tinggi masih ada beberapa persoalan penyediaan lahan," ujarnya.

Sebelum dioperasikan, pihak PT Jasa Marga akan menggelar Festival Jalan Tol pada Minggu (1/10) yang diisi dengan fun walk 5 km dan bersepeda pada ruas tol tersebut. Mengenai tanggal pasti operasional ruas tol tersebut Agus belum memberikan jadwal pasti dengan alasan hal tersebut menunggu konfirmasi dari pihak kementerian.

"Tanggal pasti belum bisa kita sampaikan, namun sebelum akhir tahun 2017," pungkasnya.