TAPANULI SELATAN - Ribuan Aparatur Sipil Negara (ASN) di jajaran Pemerintahan Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), menyatakan kesetiaannya kepada Pancasila sebagai dasar negara. Selain PNS, puluhan prajurit TNI, Polri, organisasi kemasyarakatan (ormas) dan pelajar juga turut berikrar setia kepada Pancasila.

Ikrar kesetiaan tersebut langsung dibacakan Ketua DPRD Tapsel yang diwakili OK Siregar di komplek perkantoran Bupati Tapsel, Dano Situmba, Kilang Papan, Sipirok.

Upacara peringatan hari Kesaktian Panca Sila yang digelar pada pukul 08.00 dihadiri seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di ruang lingkup Pemkab Tapsel.

Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar mengatakan, Pancasila memperkuat sendi-sendi kehidupan sosial, ekonomi, budaya dan politik masyarakat.

"Jadi sangat wajar apabila seluruh masyarakat khususnya PNS atau ASN di Pemkab Tapsel menyatakan kesetiaannya kepada Pancasila sebagai landasan ideologi negara,” ujarnya.

Menurutnya, upacara tahun ini diberikan tema “Kerja Bersama Berlandaskan Pancasila Mewujudkan Masyarakat Yang Adil Dan Makmur”. Artinya, tata kehidupan sebagai masyarakat sudah diatur oleh Pancasila. Sehingga seluruh rakyat terutama di Tapsel harus setia kepada Pancasila.

Mantan Sekdakab Tapsel itu juga mengatakan, salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar bangsa bahkan antar komunitas atau kelompok.

"Di antara nilai paham yang melintas batas tersebut adalah radikalisme,” ujarnya.