Pematangsiantar-Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans), Muhammad Hanif Dhakiri membuka Dies Natalis sekaligus launching Bursa Kerja Khusus (BKK) Universitas Simalungun (USI) di aula auditoriom kampus tersebut, Jalan Sisingamangaraja, Pematangsiantar.

Hanif Dhkari meminta setiap universitas menyiapkan metode khusus untuk meningkatkan SDM agar mampu bersaing dan memenangkan persaingan global.

"Dengan gambaran Indonesia saat ini dan persaingan nasional dan global, kita berharap perguruan tinggi melakukan evaluasi menghadapi persaingan kerja. Kualitas SDM merupakan salah satu kunci penting memenangkan kompetisi global seperti saat ini,” ujarnya.

Plt Sekretaris Daerah Pemko Pematangsiantar, Resman Panjaitan, mengatakan, USI merupakan salah satu perguruan tinggi di Kota Pematangsiantar yang telah memiliki pusat pengembangan karir dan sebagai lembaga yang mempersiapkan alumniya memasuki dunia kerja, serta telah membentuk bursa kerja khusus.

Menurutnya, USI merupakan mitra Dinas Ketenagakerjaan Kota Pematangsiantar. Ia USI berperan dalam menanggulangi pengangguran dengan cara membekali dan meningkatkan kompetensi mahasiswanya untuk memasuki dunia kerja.

Sebelumnya, Rektor USI Prof Dr Marihot Manullang, mengatakan, seluruh civitas akademika Universitas Simalungun patut bersyukur. Setelah menunggu 20 tahun, acara Dies Natalis ke-52 Universitas Simalungun dan Lounching Bursa Kerja Khusus langsung diresmikan oleh Menakertrans.

Ia berpesan kepada seluruh mahasiswa agar mulai berbenah di tengah persaingan global.