JAKARTA - Tim Basket 3x3 putra dan putri memastikan tiket ke perempat final setelah sukses memenuhi ambisinya lolos dari babak penyisihan grup Asian Indoor Martial Art Games (AIMAG) 2017.

Tim basket 3x3 putra menjadi runner up Grup D setelah meraih kemenangan atas China Taipeh dengan skor 21-9 dan Guam dengan skor 21-14 di Hall Basket Asghabat, Turkmenistan, Kamis (21/9/2017) malam.

Sebelumnya, Avan Seputra dan kawan-kawan kalah dari Thailand yang menjadi juara grup dengan skor 16-21. Sedangkan tim basket 3x3 putri yang juga sebagai runner up Grup B setelah menaklukkan Guam dengan skor 15-5 dan kalah dari Thailand yang menjadi juara grup dengan skor 18-14.

Pada pertandingan babak perempat final, Sabtu (23/9/2017), Tim putra akan menghadapi Mongolia sedangkan tim putri masih menunggu hasil pertandingan akhir penyisihan, Jumat (22/9/2017) malam ini.

Keberhasilan tim putra lolos ke perempat final harus dibayar mahal dengan cideranya Avan Seputra. "Avan mengalami cidera ankle saat menghadapi chinese Taipe. Makanya, kita tidak turunkan saat menghadapi Guam," kata Manajer Tim Basket 3x3 Indonesia, Nikoarsi Harkenijandra.

Menurut Nikoarsi, kemungkinan Avan tidak akan diturunkan saat menghadapi Mongol diperempat final. "Kita menunggu hasil pemeriksaan dari dr Andy. Kemungkinan besar Avan tidak dimainkan lagi agar cideranya tidak bertambah parah," tegasnya.

Dengan tidak tampilnya Avan, Nikoarsi menyebut peluang untuk lolos ke semifinal semakin berat. "Berat peluang untuk melangkah ke semifinal kalo tidak main berempat," tandasnya.

Tim basket putra ditangani Vinton Nolland Surawi dan tim putri ditangani Tri Hartanto. Pemain Putra : Difta Pratama, Widyanta Putra Teja, Avan Seputra, dan Rivaldo Tandra Pangestio. Pemain Putri : Prattita Citta, Michelle Kurniawan, Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi, dan Lea Kahol.***