TAPANULI SELATAN - Belasan siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) sederajat di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), ditangkap petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), Senin (18/9/2017) kemarin. Pelajar tersebut diamankan ketika sedang menghisap lem dan bermain judi.

Informasi yang diterima GoSumut, belasan siswa tersebut terdiri dari empat siswa Madrasyah Tsanawiyyah Rhoudatul Falah, sedang menghisap lem di salah satu tempat di luar jam pelajaran sekolah. Selanjutnya, 10 siswa SMP Negeri 2 Batang Angkola ditangkap ketika bermain judi, sedangkan empat siswa lainnya diamankan ketika bermain game di salah satu warnet yang ada di wilayah itu.

Pada saat diamankan, belasan pelajar tersebut tidak melakukan perlawanan dan petugas Satpol PP langsung memasukkan mereka ke dalam mobil dan dibawa ke kantor. Saat ini, para pelajar yang tertangkap operasi kasih sayang itu sedang dikumpulkan di kantor Satpol PP Tapsel. Selanjutnya, akan dilakukan pendataan dan diberikan surat perjanjian tidak akan mengulangi perbuatannya.

"Sudah dibuat surat perjanjian dan akan dipulangkan ke sekolah masing-masing,” ujar Kepala Kantor Satpol PP Tapsel Zulkifli Harahap ketika dihubungi wartawan.

Pihak sekolah diberikan kewenangan untuk dilakukan pembinaan, sehingga peristiwa memalukan seperti itu tidak terulang pada masa yang akan datang.

Dia juga meminta kepada para orang tua agar lebih maksimal dalam mengawasi anak-anaknya. Menurutnya, peran orang tua untuk mencegah prilaku negatif anak sangat penting, karena waktu bermain anak lebih banyak bersama orang tua daripada sekolah.

"Semua elemen masyarakat harus aktif dalam melakukan pengawasan dan pembinaan,” tandasnya.