JAKARTA Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tjahjo Kumolo menyiapkan Wakil Bupati Batubara, Harry Nugroho menjadi Plt Bupati Batubara. Pasalnya, Bupati Batubara OK Arya Zulkarnain ditangkap Tim Satuan Tugas Komisi Pemberantasan Korupsi (Satgas KPK) dalam Operasi Tangkap Tangan (OTT), pada Rabu (13/9/2017).

“Kalau nanti OK Arya ditahan, segera kami siapkan wakilnya sebagai Plt Bupati Batubara,” tegas Tjahjo Kumolo, kepada wartawan.

Saat ini, Kemendagri menunggu penetapan status dari KPK. Biasanya, KPK segera menyampaikan kepada kita bahwa jika ditahan, langsung kami proses,” ungkap Mendagri.

Terkait Kepala Daerah kembali terlibat korupsi, kata Mendagri Tjahjo Kumolo, hal ini sudah berkali-kali diingatkan. Namun, kenyataannya dalam OTT masih ada saja kepala daerah yang terlibat.

“Saya tidak bisa apa-apa, sebab aturan landasan dan pengawasan sudah jalan, saya sudah ingatkan terus area rawan korupsi, perencanaan anggaran, hibah bansos, pengadaan barang dan jasa, ini harus hati-hati. Kalau masih ada juga Kepala Daerah kena OTT, ini sudah mental dan karakter yang bersangkutan,” kata Mendagri.