MEDAN-Bupati Simalungun, Jopinus Ramli Saragih, akrab disapa JR, memiliki helikopter mungkin banyak orang sudah tahu. Tapi berapa jumlah pastinya, ada yang tahu nggak?

Pengakuan JR kepada wartawan yang mengikutinya saat bertemu dengan warga pendukungnya dari Kecamatan Percut Sei Tuan, Deliserdang, semua helikopternya kini berjumlah 5 unit. Masing-masing satu unit berada di Kalimantan, Pekanbaru dan Purwakarta. Sedangkan dua unit lainnya diletakkan di Hotel Simalungun City miliknya, yang terdapat di Kecamatan Raya, Simalungun.

"Tadinya helikopter saya berjumlah delapan, berkurang jadinya sekarang tinggal lima," kata Ketua DPD Partai Demokrat Sumut ini.

Menurut bakal calon Gubsu ini, seluruh helikopternya itu sudah dibelinya sejak 2003. Dibisniskannya untuk membawa pasien. Sebab dia juga mempunyai usaha di bidang kesehatan dengan memiliki tiga rumah sakit.

Masing-masing RS milik pensiunan militer dengan pangkat kolonel ini terdapat di Purwakarta, Pekanbaru dan Berastagi. Keseluruhannya bernama RS Efarina. Sesuai dengan nama putri tunggalnya Efarina Margaretha Saragih, yang saat ini masih pelajar kelas 3 SMP.