TAPANULI SELATAN - Program perpustakaan di Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), ternyata menjadi percontohan secara nasional. Alasannya, hanya daerah itu yang sudah menggunakan dana desa untuk membangun perpustakaan di daerah masing-masing. “Alhamdulillah, program perpustakaan Tapsel menjadi contoh skala nasional, karena hanya Tapsel yang mempergunakan dana desa untuk pembangunan perpustakaan,” ujar Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu, disela penerimaan bantuan mobil perpustakaan pada acara peresmian Gedung Layanan Perpustakaan Nasional RI di Jakarta, Kamis (14/09/2017).

Pada saat itu, Presiden RI Joko Widodo terkesan dengan program yang sudah dilaksanakan oleh Pemkab Tapsel, sehingga dia (Jokowi) langsung menginstruksikan kepada seluruh desa yang ada di Indonesia agar mempergunakan sebagian dana desa tersebut untuk pembangunan gedung perpustakaan di wilayah masing-masing.

"Tidak disangka, ternyata program yang kita buat itu menjadi standart untuk nasional, karena presiden langsung instruksikan agar dana desa itu dipergunakan juga untuk pembangunan gedung perpustakaan,” tutur politisi Partai Golongan Karya (Golkar) itu.

Bupati yang sudah menjabat dua periode itu mengatakan, selain menerima mobil, Pemkab Tapsel juga mendapatkan bantun berupa buku bacaan sebanyak 7500 buah.

Buku-buku tersebut terdiri dari 250 jenis bacaan baik untuk anak sekolah, kalangan remaja, perempuan dan orang tua.

"Ini semua kita dapatkan atas prestasi melalui program handal yang selama ini sudah diterapkan di sana,” ungkapnya.

Program satu desa satu perpustakaan bertujuan untuk meningkatkan daya saing pendidikan dalam rangka percepatan mutu pendidikan di Tapsel.

“Alhamdulillah wasyukurillah, mutu pendidikan di Tapsel saat ini sudah jauh lebih baik dengan adanya program tersebut,” tuturnya.

Saat ini, banyak putra-putri terbaik asal Tapsel yang sudah diterima di perguruan tinggi favorit di Indonesia, sehingga itu menjadi tanda-tanda peningkatan kemajuan yang segnifikan di bidang pendidikan.

“Ke depannya, program tersebut tentu akan diperbaharui lagi untuk lebih baik, sehingga, program-program yang dibuat akan menjadi percontohan lagi di Indonesia, sesuai dengan visi-misi Tapsel Sehat-Cerdas dan Sejahtera,” tandasnya.