MEDAN - Kasdam I/BB Brigjen TNI Tiopan Aritonang pimpin syukuran menyambut HUT ke-58 Tahun 2017 Pepabri Provinsi Sumatera Utara yang diikuti 200 personel Pepabri dan undangan di Gedung Yudha Bhakti Veteran RI Sumut jalan Gatot Km 8 Medan, Selasa (12/9/2017).

Dalam sambutan Pangdam I/BB Mayjen TNI Cucu Somantri pembina Pepabri Provinsi Sumatera Utara yang dibacakan Kasdam I/BB menyampaikan, momentum hari ulang tahun ini dapat dijadikan untuk memupuk semangat kebersamaan sekaligus sebagai sarana instropeksi diri semoga ke depan Pepabri lebih baik lagi.

"(Meski) para purnawirawan TNI-Polri dalam usianya yang sudah senja, (namun) masih memperlihatkan keikhlasan tanpa pamrih, bersemangat untuk mendharmabaktikan jiwa dan raganya secara proporsional dalam kadar sesuai usianya," ujar Kasdam.

Hal tersebut, kata Kasdam, dapat menjadi inspirasi bagi generasi penerus guna meningkatkan semangat pengabdian yang dilandasi rasa nasionalisme dan wawasan kebangsaan.

Kasdam mengharapkan, dengan semangat prajurit yang tidak pernah padam itu, para purnawirawan tetap mendukung setiap upaya yang ingin menegakkan dan mempertahankan ideologi pancasila sebagai dasar Negara, sebagaimana tema yang dikedepankan pada peringatan hari ulang tahun ini "bersatu dalam jiwa dan semangat sapta marga, sumpah prajurit dan tri brata untuk mengawal negara kesatuan republik indonesia”.

Pada kesempatan yang sama, Gubernur Sumatera Utara Tengku Eri Nuradi yang dibacakan Kaban Kesbang Pol Suriadi Bahar menyampaikan, Pepabri harus mengetahui tantangan dan permaslahan yang dihadapi oleh bangsa.

"Untuk itu Pepabri harus berperan mengambil bagian untuk mengatasi keutuhan NKRI, dari berbagai masalah bangsa. Pepabri harus terus eksis dan mengaktualisasikan dirinya dengan perkembangan jaman, tetap melakukan sesuatu relevan bagi masyarakat dan selalu berada di garis depan dalam menjaga dan menimplementasikan 4 pilar kehidupan bernegara yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika," tandasnya.

Ketua DPD Pepabri Provsu H. Ali Imron Siregar Brigjen TNI (Purn) membacakan amanat Ketua Umum DPP Pepabri H. Agum Gumelar Jemderal TNI (Purn) mengucapkan puji syukur pada Tuhan Yang Maha Esa dengan usia Pepabri yang ke 58 sudah banyak halangan dan rintangan yang telah dihadapi namun Pepabri tetap kokoh dan solid. Saat ini ada kelompok-kelompok Radikal dan masyarakat yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan NKRI, untuk itu Pepabri agar dapat ambil bagian dalam menjaga kedaulatan bangsa dan keutuhan wilayah NKRI.