SIPIROK - Dinas Pertanian Tapanuli Selatan dan TP.PKK Tapanuli Selatan melakukan tanam perdana bibit cabe merah Kelompok Wanitia Tani (KWT) Saroha. Kepala Dinas Pertanian Tapanuli Selatan Bismark Martua Siregar, di Sipirok, Sabtu (9/9/2017, mengatakan, kegiatan itu sebuah upaya pemerintah untuk menambah inkam ekonomi warga.

Ada sekitar seribu bibit cabe merah yang diserahkan untuk ditanam sekaligus diurus KWT Saroha itu, baru ini, lokasinya di Hanopan, di Desa Haminjon, Kecamatan Arse.

"Seribu bibit cabe itu merupakan bagian dari 4 ribu bibit dipersiapkan Dinas Pertanian yang akan dibagikan kepada 4 KWT di 3 Kecamatan,"jelasnya.

Ketua TP.PKK Tapanuli Selatan Syaufia Lina Syahrul kata Bismark berharap, lewat bibit cabe yang ditanam itu akan mampu menambah ekonomi keluarga khususnya KWT Saroha.

"Disamping menambah inkam, kegiatan ibu-ibu KWT Saroha itu juga diharap dapat menjadi pendorong bagi masyarakat lainnya untuk budidaya bibit cabe merah di desa itu,"sebutnya.

Lebih jauh Bismark mengatakan kegiatan tanam cabe itu bisa bermanfaat, berhasil guna serta mendorong masyarakat untuk lebih berbuat dalam upaya peningkatan ekonomi.

Menurut Bismark kegiatan itu sekaligus sarana transformasi teknologi pada masyarakat tentang bagaimana tanam cabe yang benar melalui kelompok masyarakat.

Melalui kegiatan ini, diminta Petugas Penyuluh Lapangan dapat mencatat perkembangan bibit cabe yang ditanam dan melaporkannya ke Dinas Pertanian secara berkala.