TAPUT - Ujicoba penerbangan internasional Singapura-Silangit digelar, Jumat (8/9/2017). Pada ujicoba dengan pesawat jet pribadi ini, Singapura-Silangit ditempuh dalam waktu 52 menit. Ujicoba itu turut dihadiri Bupati Tapanuli Utara Nikson Nababan, Wakil Gubernur Sumatera Utara Brigjen TNI (Purn) Nurhajizah Marpaung, Menko Maritim Letjend (Purn) Luhut Panjaitan, Dirut Badan Otorita Pariwisata Danau Toba (BOPDT) Arie Prasetyo dan rombongan lainnya.

Menko Maritim Letjend (Purn) Luhut Panjaitan menjelaskan bahwa penerbangan berjalan lancar, tetapi masih ada beberapa hal yang perlu pembenahan sarana dan prasarana. Dia meminta semua pihak terkait berupaya maksimal agar Bandara Silangit dapat secepatnya menjadi bandara internasional.

“Selain pembenahan Bandara Silangit, kita juga harus membenahi wisata untuk destinasi parawisata Danau Toba,” ucap Luhut.

“SDM harus ditingkatkan dengan pendidikan, juga kedisiplinan. SDM harus dibenahi supaya wisatawan nyaman saat tiba di bandara. Banyak investor dari luar yang ingin berinvestasi di Tapanuli Utara, khususnya sekitar bandara, mereka mau bangun perhotelan,” kata Luhut.

Selain itu, pernak-pernik kerajinan tangan untuk oleh-oleh harus lebih menarik dan memiliki nilai jual sehingga para pelancong tertarik untuk membelinya. Juga infrastruktur, jalan dari Kota Medan menuju Bandara Silangit harus segera diperbaiki.

“Kita mau tunjukkan bahwa putra daerah mampu dan Bandara Silangit jadi bandara internasional. Pemerintah Provinsi Sumut, bila perlu bantu untuk mendatangkan ahli agar produk kerajinan tangan kita memiliki nilai jual,” ucap Luhut.

Mendengar pemintaan Luhut, Wagubsu Nurhajizah Marpaung menjawab bahwa Pemprov Sumut sangat mendukung Bandara Silangit menjadi bandara internasional.

Pihaknya juga ingin supaya Tapanuli Utara sebagai salah satu kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba menjadi tujuan wisata kedua setelah Bali.

Untuk mendukung semua itu, dia meminta Luhut sebagai putra daerah dapat mendekati pemerintah pusat agar ada penambahan anggaran untuk Sumut.

“Sumut itu salah satu provinsi terbesar di Indonesia tapi anggarannya terlalu kecil dibanding provinsi lain. Kalau jalan rusak menuju bandara, ini jalan provinsi. Tolong segera dilaporkan, Pemprov Sumut akan segera memperbaikinya,” ujar Nurhajizah.

Sementara Bupati Taput Nikson Nababan menyampaikan beberapa poin penting yang membutuhkan perhatian pemerintah pusat untuk pembenahan bandara, wisata dan pembangunan Taput, serta melaporkan rencana peresmian PT Sarulla Operation Limited (SOL) dan universitas negeri di Tapanuli.

Pemkab Taput sudah melakukan berbagai program untuk mendukung destinasi Danau Toba. Selain itu, butuh dukungan semua pihak untuk mewujudkan universitas negeri sekaligus mendukung pariwisata,” ucap Nikson.