MEDAN - Ratusan umat Islam di Kota Medan turun ke jalan melakukan aksi unjuk rasa di Bundaran Majestik, Jalan Gatot Subroto. Unjuk rasa terkait tragedi kemanusiaan yang terjadi di Myanmar. Massa tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Muslim Bersama Ummat (AMMBU). Mereka mengecam tindakan pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) yang terjadi di Myanmar, khususnya terhadap etnis Rohingya.

Koordinator AMMBU, Andika Mirza mengatakan, saat ini lebih dari 40.000 muslim yang terdiri dari anak-anak, wanita dan orang tua meninggal dunia secara mengenaskan, serta kondisi masyarakat yang hidup sangat memprihatinkan.

"Aksi ini kami gelar untuk meminta pemerintah Indonesia segera menyelamatkan etnis Rohingya dari Myanmar," katanya kepada wartawan disela-sela aksi, Rabu (6/9).

Dalam aksi itu, mereka juga menyatakan sikap untuk mengutuk keras tindakan zalim dan brutal rezim Myanmar terhadap etnis Rohingya, Mereka juga meminta pemerintah segera mengirim misi penyelamatan pada muslim Rohingya yang masih terkatung-katung di laut.

"Kami juga meminta agar genosida muslim Rohingya yang dilakukan rezim Myanmar segera diakhiri," pungkasnya.