LABUSEL - Di tengah guyuran hujan lebat, Bupati Labuhanbatu Selatan, H. Wildan Aswan Tanjung menghadiri peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Selasa (5/9/2017) di lapangan PT. Tolan Tiga Perlabian. Tak hanya bupati, peringatan ini juga dihadiri Wabup Labusel, Kholil Jufri Harahap, Ketua DPRD H. Jabaludin, Sekda Zulkifli, unsur muspida, pimpinan OPD dan pimpinan perusahaan.

Saat membacakan sambutan Menteri LH dan Kehutanan, Siti Nurbaya, Bupati Labuhanbatu Selatan H Wildan Aswan Tanjung mengajak masyarakat menjadikan hari lingkungan hidup sedunia untuk mengingat kembali perlunya manusia melakukan perubahan perilaku dengan menahan diri dari perbuatan kurang baik menjadi lebih baik.

Mengangkat tema Menyatu dengan Alam, Bupati juga mengingatkan seluruh lapisan masyarakat akan kewajibannya memanfaatkan kekayaan alam karunia Tuhan Yang Maha Esa dengan sebaik baiknya.

"Menata hubungan alam dan manusia bukan hanya sekadar pengelolaan sumberdaya alam untuk tujuan profit manusia. Apalagi bila profit itu hanya untuk segelintir manusia saja. Lingkungan dan alam kita membutuhkan perlindungan. Lingkungan dan alam memiliki arti sangat besar dan bisa dikatakan menentukan hidup manusia," jelas Bupati.

Makanya, sambung Bupati, Menteri LH dan Kehutanan mengajak untuk bersama sama melindungi alam, melindungi Indonesia, dan jaga keanekaragaman hayati serta budaya yang dimiliki.

Bupati juga berpesan kepada PT. Tolan Tiga Perlabian agar merawat dan menjaga pohon yang ditanam pada acara hari lingkungan hidup sedunia tersebut.

"Saya menghimbau perusahaan yang ada di Labuhanbatu Selatan agar menyediakan lahan di arealnya untuk melakukan konservasi pelestarian alam, khususnya di daerah aliran sungai," tegasnya.

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia tahun 2017 di Kabupaten Labuhanbatu Selatan dimeriahkan dengan penyerahan piala dan hadiah lomba-lomba bertemakan lingkungan kepada pelajar SD, SLTP dan SLTA.

Pemkab Labuhanbatu Selatan juga menyerahkan penghargaan kepada perusahaan seperti PKS Sei Daun sebagai perusahaan zero waste, PKS PT. Tolan Tiga Indonesia sebagai tuan rumah peringatan hari lingkungan hidup sedunia di Kabupaten Labuhanbatu Selatan, dan PKS PTPN III Sisumut sebagai perusahaan tertib administrasi lingkungan.

Kemudian, Hotel Grand Suma sebagai hotel dengan pengelolaan lingkungan terbaik, PT. Asam Jawa sebagai perusahaan ramah lingkungan, PTPN III Sisumut sebagai perusahaan pengelola limbah B3 terbaik, PT. Gunung Selamat Lestari sebagai perusahaan penyampaian pelaporan limbah B3 tepat waktu.

PKS PT. Herfinta sebagai perusahaan pengelola limbah cair terbaik pada land application, PKS PTPN III Aek Torop sebagai perusahaan terbaik dalam efisiensi penggunaan air, PKS PT. Asam Jawa sebagai perusahaan peduli adiwiyata dan PT. Amindy Barokah sebagai perusahaan pengangkut limbah B3 terbaik.

Peringatan hari lingkungan hidup sedunia ini juga diisi dengan penyerahan bantuan bibit pohon dan penanaman pohon.