Hore ! Sibolga Peroleh Rp15 M dari Kementerian Kelautan Bangun TPI

Hore ! Sibolga Peroleh Rp15 M dari Kementerian Kelautan Bangun TPI
Senin, 04 September 2017 12:07 WIB

SIBOLGA-Walikota Sibolga, Syarfi Hutauruk, mengungkapkan, Kota Sibolga memeroleh alokasi anggaran Rp 15 miliar untuk membangun Tempat Pelelangan Ikan dari Kementerian Kelautan Perikanan (KKP) Republik Indonesia.

Lokasi TPI di Panomboman Kelurahan Sibolga Ilir, Kecamatan Sibolga Utara. “Proyeknya segera ditenderkan,” kata Syarfi Hutauruk, didampingi Kadis KPP, Hendra Darmalius di Sibolga

Dengan terealisasinya pembangunan TPI di Panomboman tersebut, maka Kota Sibolga akan memiliki tiga unit TPI yang dikonsentrasikan di dekat pemukiman nelayan.

“Sebelumnya, sudah ada TPI di Sibustakbustak, Kecamatan Sibolga Selatan, satu unit TPI di komplek Pelabuhan Sibolga, kecamatan Sibolga Sambas,” imbuhnya.

Ads
Kadis Kelautan Perikanan dan Peternakan (KPP) Sibolga, Hendra Darmalius, membenarkan, realisasi alokasi anggaran tersebut merupakan hasil pertemuan dengan Direktur Kapal dan Alat Penangkapan Ikan (Kapal Api) Agus Suherman, di kantor Dirjen Perikanan Tangkap di Jakarta belum lama ini.

Pemko Sibolga sudah memplot Panomboman sebagai kawasan nelayan yang terintegrasi. Di kawasan itu akan ada Rusunawa nelayan, ada pasar ikan dan pasar tradisional, bahkan SPDN juga akan dipindahkan ke dekat dermaga TPI, sehingga nelayan tidak sulit mencari suplai bahan bakar.

Dijelaskan, pembangunan TPI tersebut sejalan dengan program KKP yang menargetkan pembangunan 100 titik TPI di Indonesia.

“Selain alokasi dana untuk pembangunan TPI, Kota Sibolga juga akan mendapatkan bantuan dua unit armada thermoking (mobil coldstorage, red) senilai Rp 2 miliar lebih, dan Rp 2,5 miliar lebih bantuan kapal penangkap ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP),” pungkasnya.

Editor:Wen
Sumber:medanbisnis
Kategori:Ekonomi, Gonews Group, Sibolga, Sumatera Utara
wwwwww