JAKARTA - Ada mitos yang menyebut bahwa daging kambing dapat meningkatkan tekanan darah dan menaikkan kadar kolesterol. Kepercayaan tersebut menyebabkan banyak orang enggan makan berbagai menu yang berbahan daging kambing, dan itu dipastikan hoax.

Padahal, selama tubuh kita sehat dan tidak memiliki penyakit bawaan berbahaya, mengonsumsi daging kambing sangat aman lho. Bahkan memberi manfaat tertentu bagi kesehatan tubuh.

Apa saja manfaatnya? Yuk simak berikut ini seperti dilansir laman drhealthbenefits.com:

Cegah kanker

Pada daging hewan yang kerap digunakan untuk melaksanakan ibadah qurban tersebut, ada kandungan zat besi, vitamin B, kolin, serta selenium. Mineral-mineral tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjalankan fungsinya dengan baik.

Kolin dan selenium terbukti dapat mencegah munculnya sel kanker. Ada pula conjugated linoleic acid (CLA) yang bermanfaat mencegah peradangan dalam tubuh yang memicu kanker serta tumor.

Hilangkan nyeri haid

Akibat zat besi pada tubuh tidak mencukupi, maka produksi darah menjadi terhambat. Efeknya nyeri haid pun akan terjadi. Konsumsi daging kambing akan memberi tambahan asupan zat besi hingga tak lagi ada gangguan masalah haid bagi wanita.

Sumber energi

Berbagai olahan daging kambing kaya dengan lemak, protein, dan kalori yang merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh. Akibatnya, fitalitas pun bertambah untuk melakukan aktifitas sehari-hari.

Kesehatan kulit dan tulang

Untuk kesehatan kulit Anda, ada vitamin B12 yang dibutuhkan untuk regenerasi. Selain itu, kalsium dan fosfornya sangat dibutuhkan oleh tulang.

Tingkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan antioksidan dalam daging kambing pun ternyata cukup tinggi lho. Anda bisa mendapatkan manfaat meningkatkan sistem kekebalan tubuh jika mengonsumsinya.

Manfaat daging kambing tersebut tentu tak berhenti disitu saja. masih ada beberapa lainnya yang tidak cukup untuk dijabarkan semua disini. Yang jelas, jangan berlebih jika mengonsumsinya agar manfaatnya juga maksimal. ***