MEDAN - Guna menjaga dan melestarikan budaya Indonesia, Astra menggelar festival permainan kampung berseri dalam rangka peringatan hari anak nasional, HUT RI dan HUT Astra, Rabu (30/8/2017) di Lingkungan VI, Kelurahan Cengkeh Turi, Kecamatan Binjai Utara. Korwil Astra Sumut, Sutadi, menjelaskan, penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan karena Astra sangat konsen dengan budaya Indonesia. Makanya Astra melibatkan anak-anak SD Cengkeh Turi agar generasi penerus bangsa itu tidak lupa dengan permainan tradisional. 

"Apalagi sekarang banyak iPad, sehingga (generasi muda kita) lupa dengan permainan tradisional. Sebenarnya itu adalah budaya Indonesia yang harus kita pertahankan," jelas Sutadi.

Makanya, tegas Sutadi kembali, tujuan Astra melaksanakan festival ini agar kekayaan budaya Indonesia selalu ada sampai kapan pun. Sebab, itu merupakan warisan nenek moyang.

Adapun jenis perlombaan yang diselenggarakan pada hari itu yakni enggrang, lari balok, dagongan, dan lari terompah.

Sementara itu, Kepala UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Binjai Utara, Hj Emi Sutrisnawati menyambut baik kegiatan ini yang tujuannya untuk melestarikan permainan tradisional. 

"Kita sangat berterima kasih sekali kepada Astra yang telah banyak berbuat untuk wilayah kita seperti adanya Kampung Berseri Astra ini. Nantinya, dalam penilaian kecamatan tingkat provinsi di minggu kedua bulan September, kami ingin menampilkan kegiatan Astra yang sudah bekerjasama dengan SD seperti beasiswa dan fasilitas sekolah. Jadi, semua dukungan untuk sekolah itu akan kita tonjolkan," ungkapnya.

Begitu juga dengan fasilitas lainnya di dalam Kampung Berseri Astra yang mencakup kesehatan, pendidikan, lingkungan, hingga UMKM, tak luput dari perhatian Astra.

"Ke depan kita berharap Astra ini tidak berhenti kerja samanya, kita ingin keberlanjutannya. Paling tidak untuk pendidikan, kita berharap terjalin untuk seterusnya. Masyarakat juga demikian. Tadi saya dengar kata Pak Sutadi, akan melakukan pembinaan kepada masyarakat, bagaimana masyarakat di lingkungan ini bisa mandiri," terangnya.