MEDAN - Bakal calon Gubernur Sumut Ade Sandrawati Purba mengajak masyarakat mewujudkan kepedulian terhadap daerah dengan cara nyata.

Wanita pengusaha ini mengatakan, meski saat ini kondisi Sumut masih tertinggal dari daerah lain, tapi itu bukan hanya tugas Pemerintah, tapi juga tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat.

"Sumatera Utara punya segudang potensi yang seharusnya dioptimalkan untuk kemajuan daerah ini. Salah satunya adalah peran masyarakat untuk berbenah dan kemudian bangkit maju bersama," kata Ade di kediamannya, di Komplek Ambasador Residen.

Ade menyebut hal itu berdasarkan kunjungan yang ia lakukan beberapa waktu lalu ke Jaring Halus, Kabupaten Langkat.

Saat itu, Ade bersama DPC Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan Tim Relawan Ade Sandra (RASA) melakukan kegiatan sosial menanam mangrove (kayu bakau), membagikan pelampung untuk para nelayan dan membuka rumah baca untuk anak-anak nelayan di sana. Dari kunjungan ini Ade mengaku mendapatkan banyak sekali pelajaran hidup.

"Masyarakat kita sangat sederhana. Hidup berdampingan dengan alam dan mereka hanya ingin hidup makmur dan sejahtera. Mereka hanya butuh diperhatikan. Dan itu bukan hanya tugas Pemerintah saja, tapi tugas kita semua," ujarnya.

Wanita yang juga berprofesi sebagai sebagai pengacara ini juga mengatakan bahwa masyarakat juga harus diberikan pemahaman tentang mengoptimalkan kemampuan untuk hidup menuju sejahtera. Caranya, perlu kehadiran orang-orang yang peduli terhadap mereka.

"Di Sumut ini banyak orang baik dan mau menolong, makanya mereka perlu diberikan informasi bahwa ada saudara kita yang perlu mendapatkan perhatian agar hidup mereka jadi lebih baik," ujarnya.

Ade mengaku akan menyampaikan hal ini kepada rekan bisnisnya untuk membantu masyarakat. Tidak hanya terfokus pada satu kawasan, tapi akan ada beberapa tempat yang akan menjadi lokasi untuk percontohan.

"Kita harapkan ini berantai, dengan demikian, masyarakat yang ada di sekitarnya juga teredukasi," ujarnya.

Sementara Suyatino, salah seorang masyarakat menyambut baik kehadiran Ade dan Tim RASA. Menurutnya, meskipun Ade bukan perwakilan Pemerintah, tapi kepeduliannya sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

"Kehadiran ibuk Ade seolah telah mewakili Pemerintah. Saya doakan supaya Pemerintah mengikuti kepedulian beliau. Karena selama ini kami seolah tidak diperhatikan," ujarnya.

Dalam kontestasi pemilihan Gubernur Sumut, nama Ade Sandra cukup diperhitungkan. Pasalnya, Ade kerap kali terlibat dalam kegiatan sosial dan kemasyarakatan. Hal itu pula yang membuatnya didorong untuk maju sebagai pemimpin masa depan.

Tak hanya dengan segudang potensi yang ada, Ade juga merupakan perempuan yang ikut bertarung di antara beberapa nama besar yang didominasi oleh kaum pria.