Panyabungan-Angin kencang disertai hujan melanda Kecamatan Tambangan, Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sabtu (26/8/2017) malam. Sebanyak 11 rumah di Desa Muara Mais Jambur rusak berat dan ringan, tidak ada korban jiwa.

Kepala Desa Muara Mais Jambur, Anwar Saddad mengatakan, saat kejadian warga sempat dibuat panik. Sebagian warga rumahnya rusak diungsikan ke rumah tetangga.

"Warga panik ketika angin disertai hujan datang, karena tidak menyangka akan terjadi bencana. Atap rumah beterbangan, " ujarnya.

Camat Tambangan, Partaihan Pohan bersama Kasi Pemerintah Bahren Daulay di lokasi mengatakan, ketika mendapat informasi kejadian langsung memerintahkan 19 dan 1 kelurahan di kecamatan untuk turut membantu.

"Mulai tadi malam kita bersama kepala desa dan perangkat desa turut membantu. Rumah yang rusak berat 3, rusak ringan 9. Saat ini sedang dilaksanakan perbaikan atap rumah dengan cara bergotong royong. Pak bupati juga sudah turun meninjau dan agar segera diperbaiki, "katanya.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Madina, M Yasir Nasution menyampaikan pihaknya menyiapkan, logistik, dapur umum, selimut, kelambu, tenda biru, sedangkan bantuan seng berdatangan dari para kepala desa, sekdes dan pihak lainnya.

"Pekerjaan saat ini memperbaiki atap rumah yang rusak, gotong royong bersama masyarakat. Kita berharap perbaikan cepat selesai agar warga bisa kembali menempati rumah mereka," ujarnya.