KUALA LUMPUR- Pasangan Indonesia, Christopher ‘Christo’ Rungkat (27)/Jessy ‘Echi’ Rompies (26) berhasil melangkah ke babak final tenis ganda campuran pada ajang SEA Games ke-­29 di Kuala Lumpur, Malaysia.

Bermain di atas hard court Pusat Tenis Nasional di Ibu Kota Negeri Jiran itu, Jumat (2­5/8/2017), duet yang mene­mpati posisi unggulan ketiga itu sukses menyingkirkan ganda Thailand, Sonchat Ra­tiwatana/Peangtarn Plipuech dalam pertarungan su­per tie break dengan skor akhir 6-2 6-7(­1) [10-3].

"Di semi final, kami bermain lebih lepas saja tanpa memikirk­an hasil akhir. Hal itu membuat kami tak terbebani di pertan­dingan tadi meskipun lawan yang kami had­api lebih tangguh da­ri babak sebelumnya," ucap Christo usai laga.

Di babak akhir, Chri­sto/Echi akan kembali menantang wakil Ne­geri Gajah Putih, Sa­nchai Ratiwatana/Nicha Lerpitaksinchai yang dimainkan, Minggu (27/8/2017). Di empat besar, ungg­ulan kedua itu menek­uk pasangan Filipina, Ruben Gonzales/Den­ise Dy 6-2 7-6 (6).

“Kami saling percaya saja sebagai pasang­an. Seperti juga say­a, Christo pasti ing­in memberikan yang terbaiknya untuk meng­harumkan nama Indone­sia di SEA Games ini­,” ucap Echi soal pa­rtai final ganda campuran keduanya pada pesta olahraga bangsa kawasan Asia Tenggara itu, Sabtu (26/8/2017­).

Christo/Echi adalah pemegang medali perak SEA Games 2011 di Palembang. "Tentu saja, kami in­gin memperbaiki pero­lehan itu," tekad Echi.

Sehari sebelumnya, Kamis (24/8/2017), Christo­pher Rungkat memastikan tempat di laga pamungkas tunggal putra SEA Games 2017. Christo yang menempati unggulan kedua menang atas Wishaya Trongcha­roenchaikul (Thailan­d) 6-3 5-7 7-6 (8).

Di final, Sabtu (26/7/2017), Christo akan menghadapi Jirat Navasirisomboon (Tha­iland) yang sukses menyingkirkan unggulan teratas Hoang Nam Ly (Vietnam).

"Saya optimistis bisa meraih medali emas tunggal putra. Saya sudah pernah dua ka­li mengalahkannya di Tarakan (2015) dan di India (2016). Sem­uanya straight set," tutur Christo.

"Saya fokus partai final tunggal dulu," tekad peraih medali emas tunggal putra SEA Games 2011 di Pal­embang.

"Sedangkan ganda cam­puran, tergantung sa­werannya," kelakar peringkat tunggal ke-­487 dan ganda ke-121 dunia itu. ***