MEDAN-Dukungan yang telah resmi dikeluarkan oleh DPP Partai Golkar kepada Tengku Erry Nuradi sebagai bakal calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur Sumut (Pilgubsu) dinilai akan membuat Partai Nasional Demokrat (Nasdem) serba salah. Hal tersebut diungkapkan oleh pengamat politik Fernanda Putra kepada wartawan hari ini.

"Dukungan Golkar untuk Erry akan buat Partai Nasdem menjadi dilema, serba salah," katanya.

Pasalnya, Erry saat ini memiliki modal yang sangat besar. Diantaranya adalah dukungan dari Golkar tersebut, memiliki elektabilitas tertinggi, dan berstatus sebagai petahana.

"Erry sekarang sudah memiliki modal yang sangat besar untuk menjadi calon," ujar Fernanda.

Sedangkan Partai Nasdem belum juga menunjukkan keseriusan untuk menentukan arah dukungannya. Padahal, Erry merupakan Ketua DPW Partai Nasdem Sumut. Hal ini dinilai Fernanda akan menurunkan posisi tawar Partai Nasdem kepada Erry. 

"Tapi jika Nasdem memutuskan dukung erry, posisi tawar nasdem akan lemah dan ini berpengaruh terhadap harga diri partai. Sedangkan untuk memilih mendukung calon lain, akan cukup sulit," jelasnya.

Apabila nantinya Nasdem akan menentukan dukungannya ke Erry, lanjut Fernanda, dilatarbelakangi oleh pertimbangan yang sangat besar.

"Jika nanti akhirnya Nasdem mendukung Erry, pasti ada bargaining politik besar di sana," tandasnya.