JAKARTA - Anggota DPD RI dari provinsi Riau Abdul Gafar Usman kembali terpilih secara aklamasi ketua salah satu alat kelengkapan DPD RI yaitu Badan Akuntabilitas Publik (BAP) Tahun Sidang 2017-2018. Gafar yang merupakan keterwakilan wilayah Barat itu didampingi dua orang wakil ketua, yaitu Ahmad Sadeli Karim (wilayah Tengah) dan Novita Anakotta (wilayah Timur).

Sebelum penetapan pimpinan BAP sekaligus ketua dan wakil ketua, masing-masing wilayah sudah mengajukan pimpinan perwilayah dengan musyawarah mufakat.

Juru bicara wilayah timur, Carles Simaremare Senator Papua menyebutkan, secara aklamasi pihaknya dari wilayah timur menetapkan Novita Anakotta sebagai Pimpinan BAP.

Demikian dari wilayah tengah juga menetapkan secara aklamasi, Ahmad Sadeli Karim Senator Banten sebagai Pimpinan dari wilayah Tengah. Menyusul wilayah barat, secara musyawarah mufakat kembali menetapkan Abdul Gafar Usman, Senator Riau sebagai Pimpinan dari wilayah barat.

Setelah mendapatkan pimpinan dari masing-masing wilayah, Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono yang memimpin rapat pemilihan pim pinan BAP mengesahkan dan menetapkan pimpinan BAP setelah mendapatkan persetujuan anggota BAP.

Usai terpilih kembali, Gafar Usman siap dan akan bersunguh-sungguh menjalankan amahan yang diberikan dengan sebaik-baiknya sesuai kewenangan dan tugas BAP.

BAP dibentuk oleh DPD dan merupakan alat kelengkapan DPD yang bersifat tetap yang mempunyai tugas yaitu melakukan penelaahan dan menindaklanjuti temuan BPK yang berindikasi kerugian negara secara melawan hukum, serta enampung dan menindaklanjuti pengaduan masyarakat terkait dugaan korupsi dan malaadministrasi dalam pelayanan publik.

"Menindaklanjuti aspirasi yang datang dari masyarakat menjadi cahaya bagaimana DPD ke depan akan lebih dekat dengan rakyat. Penyelesaian yang tanggap dan cepat, membuktikan DPD itu dekat dan hadir di tengah masyarakat," pungkas Gafar. ***