MEDAN - Komandan Lantamal I Kolonel Laut (P) Ali Triswanto bersama personel Mako Lantamal I, instansi pemerintah, kemaritiman, kepolisian, pelajar dan masyarakat membersihkan sampah di bibir pantai dan jalan di sekitar Lingkungan Kota Belawan, Selasa (22/8/2017). Pembersihan yang digagas Pangkoarmabar Laksamana Muda TNI Aan Kurnia dengan tema 'Marilah kita jaga kebersihan Lingkungan dengan tidak membuang sampah Plastik di Laut, Pantai dan Sungai', juga serentak dilaksanakan di wilayah Koarmabar (Komando Armada RI Kawasan Barat).

"Pada pembersihan kali ini, yang menjadi sorotan khusus adalah pembersihan baik di sekitar lingkungan Kota Belawan serta daerah bibir pantai tepatnya di Dermaga Peti Kemas Pelindo yang langsung menjorok ke laut lepas," ujar Komandan Lantamal I Kolonel Laut (P) Ali Triswanto.

Danlantamal I mengatakan, sampah-sampah yang semakin lama semakin menimbun ini terutama sampah plastik akan sangat berbahaya. Selain dapat menimbulkan wabah penyakit, hal ini mengakibatkan terjadinya kebanjiran.

"Dan tentunya akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan hidup biota laut. Ikan-ikan pun mulai tidak ada lagi dan pada akhirnya sangat berpengaruh pada hasil tangkapan ikan para nelayan sekitar," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Danlantamal I turut mengajak kepada seluruh elemen masyarakat dan pemerintah yang berada di Kota Belawan untuk peduli dengan tidak membuang sampah sembarangan di darat, laut dan sekitar bibir pantai.

"Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan," imbuhnya.

Pada kegiatan ini, puluhan ton sampah di sekitar lingkungan Kota Belawan maupun bibir pantai berhasil dibersihkan.

Turut hadir Para Asisten Danlantamal I, Kapolres KP3 Belwan AKBP Yemi Mandagi, Polairud, ibu-ibu Jalasenastri, Kadis dan Kasatker di lingkungan Mako Lantamal I, Camat Kota Belawan Achmad, Perkumpulan Abang Ojek Kota Belawan, pelajar dari sekitar Kota Belawan.