MEDAN - Ketua Umum DPP Golkar Setya Novanto akhirnya menetapkan pasangan Tengku Erry Nuradi-Ngogesa Sitepu menjadi calon Gubernur/Wakil Gubernur Sumatera Utara pada Pilgubsu 2018. Hal tersebut tertuang dalam Surat Keputusan (SK) R-452/Golkar/VIII/2017 tertanggal 21 Agustus 2017.

Keputusan ini kemudian disambut positif oleh DPD Golkar Sumut.

"Ini adalah keputusan paling tepat untuk memenangkan Golkar pada Pilgubsu 2018," ujar Sekretaris Golkar Sumut Irham Buana Nasution menjawab GoSumut, Selasa (22/8/2017).

Selain Golkar, Irham menjelaskan, ada beberapa partai yang sudah menyatakan dukungan untuk pasangan ini, yaitu PKB dan PKPI. Juga diperkirakan ada Nasdem. Tengku Erry adalah Ketua DPW Nasdem Sumut. Namun, Korwil DPP Nasdem untuk Sumut Martin Manurung belum memberikan keterangannya.

Menurut Irham, meski Ketua DPD Golkar menjadi calon wakil, namun Golkar tetaplah pemimpin koalisi. Dipilihnya Ngogesa sebagai wakil menurutnya bukanlah penurunan kelas.

"Target kita memenangkan Pilkada. Bagaimana strateginya, inilah yang paling tepat," jelasnya.

Ia menyebutkan, pasca keputusan ini, mereka akan segera mengumpulkan seluruh pengurus DPD II dan seluruh sayap dan ormas partai di Sumut untuk mengkonsolidasikan kekuatan partai.

"Kita akan mengumumkan dan menjelaskan dan bagaimana langkah-langkah pemenangan ke depan," sebut mantan ketua KPU Sumut ini.