KUALA LUMPUR - Tim Bola Basket putri Indonesia siap berjibaku untuk meraih target medali emas pada SEA Games XXIX/2017.

"Di SEA Games Singapura, kami meraih perak setelah di final kalah melawan Malaysia. Di Kuala Lumpur ini, kami siap berjibaku untuk mengubahnya menjadi medali emas," kata kapten Tim Basket Indonesia, Gabriel Sophia yang ditemui di Hotel Royale Chulan Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/7/2017).

Pada pertandingan perdana, tim basket Indonesia akan menghadapi Myanmar di Maba Stadium Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017).

"Kita sih belum tahu peta kekuatan Myanmar yang tidak turun di Singapura. Tapi, kita harus bisa menang," kata Gabriel.

Sebelum bertolak ke Kuala Lumpur, Tim Basket Putri sempat menjalani Trainning Camp (TC) dan serangkaian pertandingan di Korea Selatan. "Cukup banyak pengalaman yang kita dapat di Korea Selatan. Makanya, kami lebih siap tampil di Kuala Lumpur," tegasnya.

Apa yang diungkapkan Gabriel Sophia dibenarkan Direktur Program Kepelatihan Performa Tinggi Permainan 2 Satlak Prima, Hermanto. "Kondisi fisik mereka sangat prima. Begitu juga kerja sama tim telah terbentuk dan pengalaman bertandingnya bertambah setelah menjalani TC di Korea Selatan," katanya.

Sementara itu, pelatih Tim Basket putra, Wahyu Widayat Jati mengatakan anak asuhannya siap menghadapi pertandingan perdana melawan Vietnam.

Meski sering meraih kemenangan dalam pertandingan, tapi Wahyu tetap mewaspadai Vietnam. "Ya, kita tetap waspadai Vietnam karena ada informasi bahwa dua pemain keturunan Amerika-Vietnam ikut memperkuatnya," katanya.

Berbicara masalah target, Wahyu menyebut tetap perak. "Target awal sih perak tetapi kalau ada peluang kenapa tidak dimanfaatkan untuk meraih emas," tegasnya.

Ayo tim Garuda, kepakkan sayapmu, libas lawan-lawanmu dan raih medali sebanyak-banyaknya!

Berikut Skuad Tim Basket Putri :

PEMAIN - Lea Elvensia Wolobubo Kahol, Agustin Elya Gradita, Regita Pramesti, Kadek Pratita Citta Dewi, Natasha Debby Christaline, Mariam Ulfah, Sumiati, Yuni Anggraeni, Yuliana Anggita, Gabriel Sophia, Mega Nanda Perdana Putri, dan Henny Sutjiono.

Manajer Tim : Wahyu Gunarto

Pelatih : Kim Dong Won (Korsel)

Asisten pelatih : Bambang Astianto Pribadi dan Triadnjanaadi. ***