MEDAN - Meski tak masuk dalam klaster 1 Perguruan Tinggi (PT) non-politeknik terbaik yang dirilis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2017, ternyata kampus favorit di Sumut ini menduduki peringkat 19. Hal itu disampaikan Rektor USU Prof Dr Runtung Sitepu, Sabtu (19/8/2017).

“Dalam penilaian Agustus 2017 ini menurut informasi dari Kemenristekdikti, USU berada pada peringkat 19. Peringkat ini berarti naik lagi 9 peringkat dari tahun sebelumnya (29),” ujar Runtung.

Menurutnya, peringkat USU saat ini terus mengalami peningkatan dari sebelumnya. Peringkat inipun akan terus ditingkatkan menjadi lebih baik lagi.

“Ketika saya dilantik menjadi Rektor USU 28 Januari 2016, USU berada pada peringkat 38. Setelah bekerja satu semester pada penilaian Kemenristekdikti 17 Agustus 2016, USU berhasil naik 9 peringkat menjadi 29. Ini sebagai hasil kerja semua sivitas akademika, tenaga kependidikan dan dukungan alumni,” kata Runtung.

Dia melanjutkan, dengan kerja keras satu setengah tahun sudah berhasil naik 18 peringkat, dan sungguh suatu capaian yang luar biasa.

“Posisi ini antara lain disebabkan karena USU masih terus meningkatkan akreditasi prodi dan instusi untuk meraih A,” tutur Runtung.

Ia menambahkan, USU sekarang sedang berjuang untuk meningkatkan akreditasi dari B menjadi A. Saat ini, borangnya sudah selesai dikerjakan dan kini sedanf proses penyempurnaan.

“Jika akreditasi A bisa dicapai in sya Allah peringkat USU akan naik lagi. Sebab, bobot akreditasi untuk peringkat mencapai sebesar 30 persen,” imbuhnya.