JAKARTA - Anggota Komisi X DPR Ri bidang Pendidikan, Olahraga dan Pariwisata, Puti Guntur Soekarno mengapresiasi raihan medali emas pertama untuk tim Indonesia dari bidang Panahan di laga Sea Games 2017 Yang digelar di Malaysia.

"Selamat untuk atlet panahan putri yang berhasil meraih medali emas pertama untuk Indonesia," ujarnya kepada wartawan, Sabtu (19/8/2017).

Cucu Bung Karno ini berharap, medali emas pertama yang dipersembahkan oleh Sri Rianti yang turun di nomor compound perorangan tersebut menjadi cambuk bagi atlet lain untuk menyambet emas dalam Asian Games tersebut.

"Saya yakin, para atlet lainnya bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia. Karena mereka memiliki tekad dan keyakinan yang kuat dalam setiap pertandingan," tandasnya.

Tak hanya itu, Bakal Calon Gubernur Jawa Barat ini juga mengatakan, bahwa Sea Games 2017 akan menjadi barometer bagi para atlet untuk berlaga di Asian Games yang akan di gelar tahun depan di Inodnesia.

Untuk itu dirinya menjelaskan  bahwa sebagai komisi yang berhubungan dengan olahraga, Komisi X DPR memberikan dukungan penuh untuk perjuangan para atlet Indonesia yang berlaga di Sea Games tersebut.

"Kita terus-menerus memberikan support kepada pemeritah dan atlet dalam rangka untuk meningkatkan pembinaan dan prestasi para atlet, apalagi Indonesia akan menjadi tuan rumah Asian Games 2018. Sehingga kedepan Indonesia kembali menjadi Macan Asia dalam bidang olahraga," imbuh politikus PDIP ini.

Seperti diberitakan sebelumnya, Sri Rianti mencetak sejarah untuk Kontingen Indonesia di Sea Games 2017. Sri merupakan atlet panahan putri yang berhasil meraih medali emas pertama untuk Indonesia.

Wanita asal Sukabumi ini turun di nomor compound perorangan putri mengalahkan wakil Vietnam, Chou Kieu Oanh, di partai final di National Sports Council, Kuala Lumpur, Rabu (16/8/2017).

Di partai puncak srikandi berhijab itu mengalahkan, Chou Kieu Oanh dengan skor 144-142. Sebelumnya, Sri Ranti mengalahkan Dellie Threesyadinda di babak semifinal. Dalam duel satu negara tersebut, Sri menang dengan skor 143-141. ***