KUALALUMPUR - Dari 15 cabang yang dipertandingkan, Kontingen Indonesia hanya berharap pasokan emas dari tiga cabang olahraga (cabor) pada pertandingan SEA Games XXIX Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (20/8/2017).

"Ada 21 nomor final dari 15 cabor yang dipertandingkan tapi Indonesia hanya ikut di 16 nomor final. Target kita hanya tiga emas dari tiga cabor yakni wushu, boling dan panahan," kata Ketua Bidang Teknik Kontingen Indonesia, Prof Hari Setiono yang ditemui di Hotel Royale Chulan Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/8/2017).

Harapan yang sama juga dilontarkan Chief de Mission SEA Games XXIX/2017, Aziz Syamsuddin.

"Saya berharap kita bisa menambah 3 medali emas," katanya.

Cabor boling mempertandingkan nomor perorangan putri dan putra dari babak penyisihan sampai final. Sedangkan wushu memainkan 3 nomor hingga final yakni Jianshu putra, Jianshu dan Gunshu putri.

Dan, cabor panahan memainkan nomor recurve perorangan putra dan putri. Sementara itu, Tim karate baru tiba di Kuala Lumpur, tadi malam. Sebanyak 20 atlet terdiri 11 putra dan 9 putri dalam kondisi fisik prima.

"Tak ada masalah. Kondisi fisik anak-anak cukup bagus. Mereka siap bertempur," kata Manajer Tim Karate, Zulkarnaen Purba. Sesuai jadwal, cabor karate akan mulai pertandingan di Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Selasa (22/8/2017).

Pelatih Baron Bahar mengatakan Tim Karate akan menjalani latihan di KLCC, Minggu (20/8/2017). "Latihan yang dilakukan untuk maintenance kebugaran saja," katanya.

Di pertandingan perdana, kata Baron, sebanyak 6 emas yang diperebutkan. Yakni, kata perorangan putra dan putri dan 4 kelas nomor komite.

Kata perorangan putra menampilkan Ahmad Zigi Zareta Yudha dan Sisilia Ora untuk kata perorangan putri. Sedangkan komite menurunkan Srinita Sari (kelas -50kg) dan Yolanda (-68kg), Jintar Simajuntak (67kg), dan Suryadi (-60kg). ***