KUALA LUMPUR - Kontingen Indonesia siap mengikuti acara pembukaan SEA Games XXIX yang digelar di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu (19/7/2017) malam.

"Sebanyak 200 atlet dan ofisial akan kita berangkatkan untuk mengikuti defile peserta dalam acara pembukaan SEA Games XXIX/2017. Mereka akan mengenakan jas warna biru dongker yang telah disiapkan," kata Sekretaris Kontingen Indonesia, Arsyad Ahmadin yang ditemui di Hotel Royale Chulan Kuala Lumpur, Jumat (18/8/2017).

Dalam defile tersebut, kata Arsyad, perenang nasional I Gede Siman Sudartawa akan membawa bendera Merah Putih didampingi satu orang menggunakan pakaian adat Kutai Kertanegara yang disiapkan panitia SEA Games Malaysia (Masoc).

"Tadinya, kita menyiapkan petenis Christoper Rungkat dan atlet balap sepeda BMX, Ega memakai pakaian adat. Tapi, rencana itu dibatalkan dalam rapat Chief de Mission (CDM) karena Masoc yang menyiapkannya," jelas Arsyad.

Selain 200 atlet dan ofisial, kata Arsyad, Menpora Imam Nahrawi, Menko PMK Puan Maharani, Menkumham Yasona Laoly dan Wakapolri Komjen (Pol) Syafrudin akan menjadi tamu VVIP pada acara pembukaan tersebut.

"Kita sudah mendapatkan kepastian Menpora, Menko PMK, Menkumham dan Wakapolri akan tiba di Kuala Lumpur, Sabtu (18/10/17) pagi," tandasnya.

Lebih jauh Arsyad mengungkapkan, sampai saat ini sudah tercatat 22 cabang olahraga yang datang ke Kuala Lumpur. Yakni, panahan, criket, futsal, sepakbola, atletik, tenis meja, rugby, boling, tenis, polo air, aquatic, sepak takraw, pentaque, wushu, balap sepeda, equestrian, tinju, basket, senam, dan senam.

Ketika ditanyakan apakah ada kendala yang dialami menyangkut kedatangan cabang olahraga, Arsyad menjawab tidak ada masalah. "Memang ada sedikit kendala administrasi seperti kelebihan berat peralatan cabang olahraga boling dan kedatangan 5 ekor kuda equestrian. Tapi, semua itu telah teratasi," tegasnya.

Kontingen Indonesia yang berkekuatan 855 orang akan ditempatkan di 15 hotel yang tersebar di beberapa kota di Malaysia. ***