MEDAN-Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi mengatakan bahwa Pemprov Sumut sangat mendukung dan mengapresiasi kinerja Satgas Saber Pungli, atas pengaduan laporan/praktek pungli telah ditindaklanjuti dengan baik.

Hal ini terlihat dari beberapa operasi tangkap tangan yang berhasil dilakukan, namun keberhasilan ini harus juga diimbangi dengan pemberian informasi kepada semua pihak terkait, terutama masyarakat mengenai praktek pungutan liar dan upaya pemberantasannya.

"Karena tugas dan fungsi Satgas Saber Pungli tidak hanya tataran penindakan tetapi juga perlu dikedepankan sosialisasi sebagai upaya memberikan informasi untuk menumbuhkan kesadaran dan pemahaman kepada kita semua akan bahaya pungutan liar," ujar Gubsu Erry pada acara jamuan makan malam Tim Satuan Tugas Saber Pungli di Gubernuran Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Hadir pada kesempatan tersebut Irwasum Polri Komjen Pol Dwi Priyatno dan rombongan, Kapoldasu Irjen Pol Paulus Waterpauw, Irwasda Polda Sumut dan pejabat utama polda Sumut, Inspektur Provsu dan beberapa Kepala SKPD Provsu.

Gubsu Erry juga mengatakan sosialisasi peraturan terkait saber pungli ini merupakan hal yang penting dalam memperkuat upaya-upaya pelaksanaan pemberantasan pungutan. Dengan demikian akan ada perbaikan dalam proses pelayanan publik menjadi lancar yang sebelumnya berbelit-belit, kurang terbuka dan berbiaya cukup besar.

Selain itu Erry juga menyampaikan bahwa Pemprov Sumut saat ini berkomitmen mendukung tugas-tugas saber pungli. Dengan melakukan kerjasama dengan KPK dalam pelaksanaan tugas pemerintahan seperti pengelolaan keuangan dan pengelolaan aset. Salah satunya dalam mendukung tugas-tugas saber pungli.

Sementara Irwasum Polri juga Ketua Satgas Saber Pungli Komjen Pol Dwi Priyatno mengatakan saber pungli itu dapat dilaksanakan sesuai yang diharapkan jika tetap menjaga komunikasi dan koordinasi. "Tidak ada pekerjaan yang berat jika kita terus melakukan koordinasi dan komunikasi yang baik," ujarnya.

Dwi juga mengajak kepada semua pihak khususnya kepada penyelenggara pemerintahan untuk terus berkomitmen pelaksanaan saber pungli. Karena selain perbaikan pelayanan kepada masyarakat juga salah satunya untuk meningkatkan jumlah wisatawan dan investor yang akan datang ke Indonesia, khususnya Sumut. "Tidak hanya untuk perbaikan pelayanan publik, tetapi banyak sektor yang diuntungkan dengan saber pungli ini," sebutnya.

Jamuan makan malam itu merupakan jamuan yang penuh dengan suasana keakraban. Sewaktu acara bersantap bersama, Kapoldasu menghibur para undangan dangan menyanyikan sebuah lagu. Secara bergantian hal yang sama juga dilakukan Gubsu Erry dan Irwasum. Gubsu juga berkesempatan memberikan cinderamata kepada Irwasum sebagai ucapan selamat datang.