ASAHAN - Sebanyak 310 Calon Jamaah Haji (CJH) Asahan dilepas Pemkab Asahan yang digelar di halaman Masjid Agung Ahmad Bakrie Kisaran, Rabu (16/8/2017). Acara pelepasan yang dimulai sekira pukul 16.00 itu dihadiri Bupati Asahan, H Taufan Gama Simatupang, Ketua TP PKK Asahan, Ketua DPRD, Kakan Kemenag Asahan, Dandim, Kapolres Asahan dan segenap pejabat di lingkup Pemkab Asahan, serta sejumlah tokoh agama.

Jumlah CJH 2017 sebanyak 310 orang tersebut dengan rincian 185 jemaah perempuan, dan 125 jemaah pria. Sebelum resmi dilepas, para CJH mengikuti istighosah dan doa bersama.

Bupati Asahan, H Taufan Gama Simatupang berharap para CJH Asahan bisa diberi kelancaran menjalankan ibadah haji, mulai dari berangkat sampai kembali pulang ke tanah air dan rumah masing-masing.

“Semoga semua lancar, bisa kembali utuh. Semoga menjadi haji mabrur,” kata Bupati sembari berharap agar jamaah calon haji menjaga kesehatan agar dapat menjalankan seluruh ibadah dengan baik dan benar.

Kakan Kemenag Asahan, Hayatsyah saat dikonfirmasi mengatakan, tercatat sebanyak 310 orang jemaah haji yang terga­bung dalam gelombang kedua Kloter 19 bera­sal dari Kabupaten Asahan. Dengan jumlah petugas pendamping sebanyak 6 orang, direncanakan Kloter 19 ini akan berangkat ke tanah suci pada Kamis (17/8/2017) pukul 23.25 dengan nomor Flight GIA 3119 dan tiba di Jeddah pada Jumat (18/8/2017) pukul 03.20 WAS.

Ia juga mengingatkan petugas haji agar dalam melaksanakan tugas haruslah kompak, karena ibadah haji itu merupakan ibadah yang luar biasa. Sebab tidak bisa dilaksanakan ditempat ting­gal.

“Oleh karena itu perlu fisik dan stamina yang prima supaya rangkaian ibadah haji dapat dilaksanakan dengan baik,” ujarnya sembari mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Asahan dan pihak-pihak terkait yang telah memberikan berbagai fasilitas dan bantuan yang diberikan dalam pemberangkatan Jamaah Haji Kabupaten Asahan tahun 1438 H/2017.