SERDANG BEDAGAI - Dalam era globalisasi sekarang ini, pramuka diharuskan mengikuti zaman dan menangkap fenomena dengan kebebasan komunikasi dengan generasi cyber selalu update setiap saat.

“Untuk itu Pramuka baru harus keren, asik dan menyenangkan,” ujar Kawarcab Sergai, Drs Jonni Walker Manik MM,disela acara peringatan HUT ke 56 Pramuka dilaksanakan dihalaman kantor Dinas Pendidikan Sergai.

Dikatakannya, selian itu Pramuka membangun akhak anak bangsa yang baik, berbudi pekerti, berpikir positif, tangguh, percaya diri tetapi tidak takabur, disiplin, inovatif dan rukun serta memiliki kesetiakawanan.

“Hal itulah menjadikan gerakan pramuka sangat penting di era globalisasi seperti sekarang ini,” bilangnya.

Dikatakannya, gerakan pramuka adalah mendidik anak dan kaum muda agar berwatak dan berkepribadian luhur serta memiliki jiwa bela negara yang andal. Pendidikan pramuka berperan sebagai komplemen dan suplemen terhadap pendidikan formal.

“Untuk itu gerakan pramuka harus terus ditumbuhkan dan dikembangkan dikalangan anak dan kaum muda, khususnya pelajar,” bilang Jonni.

Menurutnya, ada tiga pilar utama menuju bangsa yang maju yang berkaitan langsung dengan gerakan pramuka adalah membangun pradaban yang mulia. Salah satu hal yang penting dalam membangun pradaban bangsa yang mulia adalah membangun karakter.

“Membangun karaker itu bisa dilakukan didalam gerakan pramuka dengan berjenis latihan dan keterampilan yang dimiliki,” terangnya.