Pamatang Raya|Puluhan rumah warga di Lingkungan Tambahan,Kelurahan Pamatang Raya,Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, terancam amblas akibat longsor yang terjadi sejak Januari 2017.

Salah seorang warga kepada wartawan mengatakan, semula longsor yang terjadi sejak awal tahun lalu tidak berakibat begitu parah. Namun saat ini kondisinya semakin parah,dengan kedalaman 20 meter dan lebar 50 meter.

“Dari kondisi saat ini,tinggal 15 meter saja rumah penduduk dari lokasi longsor dan jika tidak ada upaya mengatasinya, saya khawatir puluhan rumah penduduk akan ikut amblas,” kata Japinsen.

Menurutnya, longsor di sekitar pemukiman penduduk tersebut disebabkan saluran drainase jalan provinsi Pematangsiantar-Raya , yang tidak terurus dengan baik. Sehingga jika hujan deras, air mengikis tanah di sekitar pemukiman penduduk.

Camat Raya, Agustina Simanjorang yang dihubungi mengatakan, pihaknya sudah melaporkan kondisi longsor ke Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Simalungun untuk ditangani.

“Sudah disampaikan kepada BPBD Pemkab Simalungun, mudah-mudah bisa segera ditanggulangi,” ujar Agustina.

Kepala BPBD Pemkab Simalungun, Mudahalam Purba, menambahkan,anggaran penanggulangan longsor akan diusulkan di Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Tahun Anggaran 2017.

“Anggarannya diusulkan dulu di P-APBD 2017, baru bisa ditangani longsor di Lingkungan Tambahan,” sebut Mudahalam.