Pinangsori-Bandara Ferdinand Lumbantobing, Pinangsori, Tapanuli Tengah (Tapteng) tengah melaksanakan pengerjaan overlay (pengerasan aspal) di landasan pacu dan pelebaran terminal keberangkatan.

Kedua proyek yang bersumber dari APBN 2017 itu saat ini sudah memasuki tahap pengerjaan dan direncanakan akan selesai pada Desember 2017.

"Runway atau landasan pacu yang kita miliki saat ini 2.260 meter dengan lebar 35 meter," terang Ambar Suryoko, Kepala Bandara FL Tobing Pinangsori saat dikonfirmasi melalui ponselnya.

Ambar mengungkapkan, dengan selesainya pengerjaan overlay nantinya, maka landasan pacu Bandara FL Tobing sudah layak untuk didarati oleh pesawat berbadan lebar semisal jenis Boeing 737.


"Panjang dan lebar runway kita sudah mencukupi, tinggal pengerasan aspal atau overlay ini saja. Jika nanti overlaynya udah selesai, maka pesawat berbadan lebar seperti Boeing 737 akan bisa dan layak mendarat di sini. Maskapai penerbangan lain akan semakin tertarik untuk melayani rute penerbangan dari Pinangsori ini, karena daya angkut penumpannya semakin banyak," tuturnya.

 Selain melakukan pengerjaan overlay landasan pacu, tambahnya, kini pihaknya juga tengah melaksanakan pembangunan pelebaran terminal penumpang, dari selama ini luasnya baru 733 meter persegi, menjadi 1.000 meter persegi.

“Bangunan lama ada yang direnovasi tapi ada juga yang dibongkar dan dibangun lebih besar. Pembenahan terminal penumpang tersebut merupakan sebuah langkah untuk meningkatkan daya tampung, seiring diperkirakan akan semakin ramainya akses penerbangan dari dan menuju bandara itu ke depannya,” paparnya.

Ia yakin akses penerbangan dari dan menuju bandara ini akan semakin ramai, pastinya jumlah penumpang juga akan semakin banyak. Sekarang saja, jumlah penumpang rata-rata per hari berkisar 150-an orang.

“Apalagi banyak maskapai seperti Batik Air dan NAM Air akan masuk. Belum lagi Garuda yang akan meningkatkan frekuensi penerbangannya dari 1 kali menjadi 2 kali per hari mulai tahun depan. Itulah sebabnya kita ngotot untuk meminta kepada Kementerian Perhubungan segera membenahi bandara ini. Perannya sangat besar, letaknya juga sangat strategis," pungkasnya.