MEDAN - Harga ikan laut di beberapa pasar tradisional di Medan mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Hal ini terjadi disebabkan oleh faktor cuaca yang tak menentu dan kondisi terang bulan beberapa hari lalu.

Juli, pedagang ikan laut di pasar tradisional Sukaramai Medan, mengakui kanaikan harga ini disebabkan hujan dan kondisi terang bulan beberapa hari ini.

"Semua harga ikan naik, pasokan dari laut ke darat kurang, cuaca beberapa hari ini hujan dan terang bulan jadi ikan tak ada," ungkapnya.

Ia pun menyesalkan kenaikan ini, sebab kalau sudah naik pelanggan enggan membeli ikan hal ini pun berakibat omsetnya berkurang.

"Kalo pembeli ini sudah tau naik, pasti ga mau beli, pendapatan pun berkurang. Pembeli ini kan maunya murah aja, kalau kita di sana sama nelayan, minta murah dengan cuaca seperti beberapa hari ini, kita di suruh nelayan nyebur ke laut, cari ikan sendiri," pungkasnya.

Namun, di Pusat Pasar harga ikan laut turun. Rizal, pedagang ikan menjelaskan, harga ikan laut memang naik beberapa hari lalu, namun hari ini sudah mulai turun.

"Iya kemarin naik, soalnya hujan terus, cuaca ga nentu. Nelayan ga berani jauh-jauh melaut, ombak lagi tinggi. Tapi hari ini uda mulai turun. Ikan dencis yang tadinya Rp 37.000/kg sudah turun ke Rp 22.000/kg," ujarnya.

Menurut Rizal, harga ikan laut saat ini tidak bisa dirediksi.

"Hari ini bisa naik, besok tiba-tiba bisa turun. Soalnya sekarang kan musimnya ga menentukan. Bisa besok hujan ombak tinggi, lalu nelayan gada yang melaut, pasokan kurang, harga pun sudah pasti naik," ungkapnya.

Pedagang pun mengeluhkan akibat kenaikan ini omset dan pendapatan mereka berkurang. Apalagi karena daya beli berkurang, ikan mereka bisa mengendap dan busuk dan pasti akan merugi.

"Kalau sudah naik, pembeli itu pasti jarang mau beli, sementara kita sudah beli dari TPI. Kalau begini barang kita tak laku, ngendap dan bisa busuk, bukan malah untung malah rugi kalau jual begini" keluhnya.

Berikut Harga Ikan Laut di Pusat Pasar Medan (Kg)

Ikan tongkol sisik : Rp 15.000, naik Rp 25.000
Ikan dencis : Rp 37.0000 turun Rp 22.000
Ikan selar : Rp 8.000/ kg naik Rp 20.000
Ikan merah : Rp 8.000/kg naik Rp 20.000
Udang : Rp 35.000 naik Rp 50.000/kg
Kakap putih : Rp 20.000 naik 30.000/kg