Langkat-Kebutuhan buah semangka mulai meningkat. Harga buah yang mengandung banyak air ini naik Rp 1.000/kg. Petani pun senyum ceria, setelah hasil buruk menanam cabai, karena harganya anjlok.

Pedagang penampung semangka mengatakan, jenis semangka nonbiji dua pekan lalu hanya Rp 2.800/kg, saat ini menjadi Rp 3.800/kg.

"Hari ini saya beli ke petani Rp 3.800/kg, kalau dua minggu yang lalu hanya Rp 2.800/kg. Harga naik karena permintaan meningkat, dan sebagian petani masih banyak yang belum panen,” kata Darmanto, pedagang penampung semangka di Lingkungan V, Kolam Dalam, Kelurahan Pekan Gebang, Kecamatan Gebang, Langkat, Jumat (4/8/2017).

Diceritakan Darmanto, kalau semangka oren (sweetgold) harga di tingkat petani saat ini Rp 2.500/kg, sebelumnya Rp 2.100/kg. Sedangkan semangka biji juga mengalami kenaikan dari sebelumnya Rp 1.500 menjadi Rp 2.100/kg.

Sukari, petani semangka di Dusun Paluh Baru, Desa Pasar Raw,a Kecamatan Gebang, mengatakan, bisnis semangka saat ini menjanjikan.

"Alhamdulillah, baru kali ini saya tanam semangka sweetgold (oren) bisa mencapai bobot rata-rata 3,4 kg/buah. Karena ada yang beratnya 4,5 kg/buah, dan ada yang 5,4 kg/buah. Biasanya paling besar hanya berbobot 3 kg, atau rata-rata 2,7 kg/buah,” ujarnya.

Diceritakan Sukari, jenis semangka yang ditanam bibit estim. Dan kondisi tanah di kawasan pesisir ternyata cocok ditanami semangka.

"Ini tumpang sari dengan kelapa sawit lagi. Kalau lahan terbuka mungkin bisa bertambah bobotnya,” ujarnya.