LABUHANBATU - Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu menyerahkan santunan asuransi kematian kepada nelayan karena kecelakaan di laut saat mencari ikan sebesar Rp200.760.000. Santunan ini diberikan kepada keluarga almarhum Usman, warga Kelurahan Sei Berombang, Kecamatan Panai Hilir, Kabupaten Labuhanbatu, sebesar Rp 200 juta. Sedangkan sisanya sekitar Rp760ribu diberikan kepada Arpan Harahap untuk biaya perobatan, kecelakaan ringan.

Selain menyerahkan santunan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu juga
mengadakan perlombaan memasak untuk tingkat kabupaten yang digelar di Gedung Kesenian Rantauprapat, Rabu (2/8/2017) kemarin.

Adapun kegiatan perlombaan itu dilaksanakan Dinas Kelautan dan perikanan Dalam rangka gerakan memasyarakatkan gemar makan ikan (gemarikan) diikuti ibu-ibu PKK dari 9 kecamatan se-Kabupaten Labuhanbatu.

Adapun kriteria penilaian para juri dalam lomba tersebut meliputi inovasi resep, segi penyajian, tampilan, cita rasa, keterampilan memasak, dan kebersihan.

Bupati Labuhanbatu H.Pangonal, melalui kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Ir Jumingan menyampaikan, program ini bertujuan membudayakan masyarakat gemar makan ikan. Pihaknya juga telah melakukan sosialisasi program ini ke empat sekolah dasar (SD) dari sembilan perwakilan PKK Kecamatan se-Labuhanbatu.

Kegiatan ini baru pertama dilaksanakan di tingkat kabupaten dan kegiatan ini akan digelar secara berkesinambungan setia tahunnya.

"Rencananya bulan September 2017, Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Labuhanbatu akan mengirim perwakilannya untuk mengikuti kegiatan perlombaan Gemarikan yang di adakan Dinas Kelautan dan perikanan (DPK) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang tentunya di wakilkan Ibu PKK Kecamatan Rantau Utara," ungkapnya.


Acara tersebut dibuka langsung oleh Bupati Labuhanbatu dalam hal ini diwakilkan Ketua PKK Labuhanbatu Ibu H. Siti Awal Siregar, Kepala Dinas kelautan Ir, Jumingan, Assisten II Nasrullah SH dan dari Dinas Kelautan dan perikanan Provsu diwakili oleh Bpk Ir.H.Rajab Nasution, Para Camat dan ketua PKK Kecamatan se-Labuhanbatu.