MEDAN-Pasca pencopotan Tuani Lumbantobing sebagai Ketua Partai Hanura Sumut oleh DPP karena dinilai melanggar AD/ART partai, parpol besutan Menkopolkam Wiranto ini tengah bersiap menemukan figur pimpinan baru.

Setidaknya dalam waktu dua bulan ke depan nama tersebut sudah harus didapatkan melalui musyawarah daerah luar biasa (Musdalub).

Sekretaris DPD Partai Hanura Sumut, Landen Marbun mengatakan, Musdalub salah satu agendanya adalah memilih ketua defenitif. Belum ditentukan waktu pasti penyelenggaraan musdalub.

Tentang siapa yang akan dipilih menjadi pengganti Tuani, Landen menyebutkan, setidaknya mengemuka dua nama. Pertama adalah mantan Walikota Medan, Abdillah. Kedua, Wakil Gubernur Sumut Nurazizah Marpaung.

“Kepada Abdillah sudah pernah dipertanyakan kesediaannya namun dia menolak. Kalau kelak sikapnya tidak berubah dan tetap menolak, maka kemungkinannya adalah Wagub Nurazizah,” ujar Landen.

Perihal pemberhentian Tuani yang merupakan mantan Bupati Tapanuli Tengah dari jabatannya sebagai ketua DPD, Landen enggan mengungkapkan secara terbuka.

Sejak diangkat pada September tahun lalu, belum penuh satu tahun Tuani sudah digulingkan.