LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap berharap Ikatan Bidan Indonesia (IBI) khususnya di Kabupaten Labuhanbatu semakin jaya, semakin amanah, semakin tulus dalam melaksanakan tugas, sehingga di mata masyarakat bidan adalah sebagai dewa penyelamat. Demikian disampaikan Bupati HUT ke-66 IBI dan juga Muscab IBI Kabupaten Labuhanbatu, Rabu (2/8/2017), di BJ Sinurat Hotel Permata Land Rantauprapat.

"Kenapa saya katakan seperti itu, awalnya kita lahir ke dunia yang pertama menyelamatkan kita adalah bidan dan kalau kita hayati hymne bidan tadi sangat menggugah hati kita. Saya perhatikan ini semua ketulusan dan keikhlasan yang dilakukan, tetapi saya yakin bahwa hal itu pasti akan terjadi, karena ibu-ibu menjadi bidan ini adalah awalnya dari pendidikan, di bangku pendidikan pengetahuan yang diterima adalah ingin membantu, maka sebelum ibu menjadi bidan tentu sudah diketahui kian bahwa tugas dari bidan itu ialah membantu ibu-ibu melahirkan dan menolong sesama wanita," jelas Pangonal Harahap.

Ketika menjalankan tugasnya, Bupati juga mengimbau, agar seluruh anggota IBI tidak membeda-bedakan pasien dan selalu ikhlas dalam memberikan pertolongan.

"Meski tugas kita sebagai bidan sangat berat, namun (tugas yang diemban itu) sungguh mulia dan sebagai penyelamat wanita. Ibu-ibu bidan adalah sahabat saya dan merupakan teman saya untuk membangun daerah Labuhanbatu ini, karena faktor keberhasilan kepala daerah itu ada pada bidang kesehatan dan pendidikan,” ungkap Pangonal Harahap.

Sementara itu, Ketua IBI Kabupaten Labuhanbatu Hj. Rolbariah Nasution, mengatakan, bidan merupakan ujung tombak pelayanan kesehatan ibu dan anak balita bagi masyarakat. Seorang bidan menjadi sejarah penting bagi kehidupan manusia dan menjadi bagian tidak terpisah khususnya bagi masyarakat pedesaan.

“Bidan sebagai tenaga kesehatan yang terdekat dengan ibu, bayi dan anak di manapun berada mulai dari kota sampai desa. Bidan sebagai salah satu tenaga kesehatan terdepan sebagai tokoh masyarakat dan sebagai agen perubahan di bidang kesehatan masyarakat mempunyai kontribusi yang sangat diperhitungkan dalam pembangunan Kabupaten Labuhanbatu di bidang kesehatan menuju Labuhanbatu yang sejahtera, hebat dan berdaya 2025,” ungkap Rolbariah.