MEDAN - Usai menandatangani NPHD anggaran KPU Sumut, Gubernur Sumatera Utara, HT Erry Nuradi kembali menandatangani NPHD Bawaslu Sumut, Senin (31/7/2017) di kantor Gubsu Jalan P. Diponegoro Medan. Anggota Bawaslu Sumut Hardi Munthe mengungkapkan, anggaran yang dialokasikan kepada Bawaslu Sumut yakni sebesar Rp 273,8 Miliar.

"Sudah NPHD. Anggran Bawaslu Sumut sebesar 273 miliar lebih itu akan dicairkan di tahun ini dan tahun depan, yakni Rp 158 miliar termin pertama dan Rp 115 miliar untuk termin kedua," katanya.

Setekah NPHD kata Hardi, akan ada proses administrasi dengan bendahara Pemprov.
"Kita akhir Agustus Minggu ketiga akan melantik Panwas kabupaten/kota sehingga sudah bisa bekerja membentuk Panwascam dan melakukan pengawasan tahapan yang dilaksanakan KPU," terangnya.

Namun menurt Hardi, terkhusus di 8 kabupaten/kota yang juga menyelenggarakan Pilkada pada 2018 masih ada tiga daerah lagi yang belum jelas anggaran Panwasnya. Diantaranya Langkat, Padangsidempuan serta Paluta.

"Paluta itu hanya menganggarkan Rp 200 juta, itu kan jauh sekali dari kebutuhan. Yang 8 kabupaten/kota ini kan harus menganggarkan untuk Panwas meski sebagian dibiayai oleh APBD Provinsi," terangnya.

Dengan ini, mana tinggal anggaran keamanan Polda Sumut saja yang tinggal pengesahan. Saat ini tengah dalam proses finalisasi.